Sekali dan Selamanya, Ini Tips Memilih Cincin Nikah yang Nyaman dan Tepat 

Foto : gracedepth.com

Menikah merupakan keputusan terberat sekaligus terindah di dalam hidup seseorang.  Mempersiapkan momen sakral pernikahan tentunya tidak mudah, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya secara detail tanpa melewatkan hal-hal kecil terutama ketika memilih perhiasan simbolis lambang ikatan suci, yakni cincin pernikahan.

Selain tampilan menawan, memilih cincin untuk pernikahan juga harus memperhatikan faktor kenyamanan baik untuk Anda maupun pasangan. Selain itu, faktor bujet pun perlu menjadi perhatian, jangan sampai anggaran pernikahan terpangkas lebih banyak untuk urusan perhiasan. Jangan hanya mengikuti trend, simak tips memilih cincin nikah yang nyaman dan tepat berikut ini.

1. Persempit Pilihan

Diskusikan bersama pasangan, buatlah daftar pertanyaan yang mungkin Anda dan pasangan perlukan dalam memilih cincin, seperti bagaimana modelnya, jenis logam apa yang diinginkan, ornamen (permata, berlian, dsb.) apa yang disukai, ataupun kesan yang diimpikan; apakah mewah atau unik?

2. Tentukan Budget

Jangan lewatkan tips yang satu ini, karena menentukan bujet di awal akan sangat membantu keseluruhan proses persiapan Anda. Bila memungkinkan, Anda bisa menabung demi mendapatkan bujet terbaik. Karena meski Anda bisa membeli cincin pernikahan dengan harga yang relatif murah, mempersembahkan yang terbaik dan spesial untuk pasangan tentunya merupakan impian Anda.

3. Tentukan Desain Cincin

Memilih cincin nikah dengan desain menawan memang gampang-gampang susah, terutama bila Anda dan pasangan punya pendapat yang berbeda. Jalan tengah yang bisa Anda ambil adalah mendiskusikan hal ini dengan baik dan pilihlah desain timeless yang sederhana namun tetap eye-catching di jari tangan Anda maupun pasangan. Berikut beberapa model cincin yang bisa Anda jadikan inspirasi:

4. Memilih Bahan Cincin

Perak, titanium, emas, berlian, dan logam lainnya; begitu banyak pilihan bahan cincin. Ini bukanlah perkara mudah, Anda harus benar-benar mendiskusikannya bersama pasangan karena akan berkaitan dengan bujet yang Anda siapkan.

Bila Anda ingin membeli cincin berbahan logam mulia seperti safir atau rubi, misalnya, Anda butuh bujet lebih besar daripada ketika Anda membeli berlian. Sedangkan bila memilih bahan dasar emas, Anda harus mempertimbangkan fluktuasi harganya untuk membelinya di waktu yang tepat.

5. Mulai Mencari dari Jauh Hari

Beberapa pasangan mungkin berpikir urusan cincin nikah bisa diselesaikan belakangan karena terkesan sepele dan mudah. Namun kenyataannya, Anda bisa saja membutuhkan waktu hingga satu bulan demi menemukan cincin yang sesuai.

6. Bahan Cincin Berbeda itu Sah-Sah Saja

Saat memilih model cincin pernikahan, Anda dan pasangan pasti akan menemukan momen ketika perbedaan pendapat merusak segalanya. Anda menyukai cincin perak sedangkan pasangan Anda lebih suka cincin emas, misalnya. Tenang saja, tidak ada aturan baku mengenai hal ini.

Anda bebas memilih bahan atau logam yang berbeda dengan pasangan, kok. Justru akan terasa lebih spesial karena Anda dan pasangan akan menemukan benang merah melalui cincin pernikahan ini.

Untuk hasil terbaik, meski jenis logamnya berbeda, Anda bisa memilih ornamen yang senada. Anda juga bisa menerapkan kombinasi, seperti sentuhan emas putih pada cincin emas kuning, atau sebaliknya.

Exit mobile version