Sekilas Sejarah Internet Explorer Sebelum Stop Beroperasi di 2021

Sejarah Internet Explorer

Logo IE

Berjelajah di dunia maya dapat dilakukan dengan memilih salah satu browser. Pengguna internet sejak tahun 1990 an pasti familiar dengan Internet Explorer. Ketika belum ada opsi lain untuk berselancar di internet.

Web browser ini berjaya dengan 95 persen pengguna internet. Sejarah internet explorer akan mendekati ujungnya pada tahun 2021. Browser yang tidak mampu bersaing dengan kompetitornya akan berhenti beroperasi terhitung pada 17 Agustus 2021.

Napak Tilas Sejarah Internet Explorer

Satu masa Internet Explorer adalah pemain utama dalam web browser. Sejarah Internet Explorer mencatat perjalanannya mulai dari Internet Explorer 0.1 sampai 11. Mulai dari masa keemasan sampai .menunggu hitungan bulan sampai browser ini dinonaktifkan. Berikut adalah ulasan sejarah panjangnya.

Browser Mosaic

Microsoft tidak membuat Internet Explorer dari nol. Ide awalnya adalah membuat sebuah infrastruktur cyber dengan skala nasional di Amerika. Lisensi Browser Mozaik dipegang oleh perusahaan bernama Spyglass.

Microsoft membeli lisensi Mosaic dari Spyglass dan membuat modifikasi yang dibutuhkan. Lahirlah Internet Explorer 1.0 sebagai tambahan untuk peluncuran Windows 95. Sejarah Internet Explorer dimulai dalam bentuk paket Microsoft Plus! pada 16 Agustus 1995.

Internet Explorer 2.0

Tiap versi Internet Explorer memiliki tambahan perbaikan atau modifikasi sesuai dengan perkembangan teknologi. Layaknya seperti Microsoft yang senantiasa mengeluarkan versi baru Window, demikian pula dengan Internet Explorer.

Hanya berjarak setahun tepatnya Januari 1006  lahirlah Internet Explorer versi 2 dengan internal modifikasi. Beberapa diantaranya termasuk tambahan SSL, HTTP cookie, serta lebih kompatibel untuk HTML table dan frames.

Internet Explorer 3.0

Tak butuh waktu lama untuk Microsoft merilis Internet Explorer versi 3. 13 Agustus 1996 adalah waktu yang dipilih untuk menjadikannya sebagai browser komersial pertama dengan CSS. Versi ini sudah sepenuhnya meninggalkan koding awal dari Spyglass. Saat itu kompetitor baru ada Browser Netscape yang tidak memiliki jumlah pengguna yang signifikan.

Internet Explorer 4.0

Microsoft cukup cerdas mempopulerkan penggunaan browser ini. Sebagai bagian dari paket  Windows yang memiliki Internet Explorer. Tambahan fiturnya termasuk Engine Trident,  Dynamic HTML dan Favicon.

Internet Explorer 5.0

Beberapa fitur yang ditambahkan pada revisi Internet Explorer 5.0 dapat muncul sekitar Maret 1999. Pengembangan fiturnya termasuk pada bagian Search Bar, AutoComplete ,Favourites, , integrasi dengan Hotmail.

Internet Explorer 6

Internet Explorer ini diluncurkan tahun 2001 yang butuh waktu 5 tahun sebelum menggantikan versi sebelumnya. Pada saat itu Internet Explorer disinyalir memiliki sistem keamanan yang cukup serius.

Walau dinilai memiliki keamanan yang mengkhawatirkan namun pada saat itu penggunanya paling banyak. Lebih dari 90% pengguna yang mendorong terus produsen untuk melakukan upgrade browsernya.

Windows Internet Explorer 7

Oktober 2006 adalah waktu yang dipilih untuk merilis versi terbaru Internet Explorer. Fiturnya semakin canggih dengan halaman zooming, dukungan multi-tab, dan bagian search yang terintegrasi.

Bukan hanya itu CSS, DOM dan HTML ditingkatkan. Namanya pun ikut berganti jadi Windows Internet Explorer. Usaha rebranding Microsoft tersebut terbukti berhasil dengan adanya peningkatan pengguna.

Window Internet Explorer 8.0

Butuh waktu bagi Microsoft untuk mengeluarkan versi browser terbarunya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akhirnya dirilis pada 19 Maret 2009. Hanya tiga tahun sejak versi sebelumya. Windows Internet Explorer 8 mendapatkan improvisasi RSS, CSS dan Ajax.

Window Internet Explorer 9.0

Tanggal 14 Maret 2011, adalah waktu yang dipilih Microsoft untuk meluncurkan Windows Internet Explorer 9. Sejarah Internet Explorer mencatat kalau versi ini sangat kompatibel dengan CSS 3, javascript, dan tag HTML video dan audio

Window Internet Explorer 10

Pengganti Internet Explorer 9 ini dirilis pada April 2011 berbarengan dengan peluncuran Window 8. Browser ini akan mendukung Akselerasi hardware, CSS3 multi-column layout, CSS3 grid layout, CSS3 flexible box layout, , sampai CSS3 gradient.

Window Internet Explorer 11

Versi kesebelas dan terakhir dari seri Internet Explorer dirilis pada Oktober 2013. Tambahan Bing dan MSN menjadi fitur add-on yang diharapkan memperkaya pengalaman browsing.

Demikianlah urutan sejarah Internet Explorer yang sempat berganti-ganti nama dan fitur dari tahun ke tahun semenjak diluncurkan. Mulai 1995 sampai 2021, web browser ini adalah  kontributor dunia maya yang kompeten.

Melansir dari liputan6 (22/8), Internet Explorer sudah beroperasi lebih lama yakni dari 20 tahun yang lalu, bagaimana mungkin browser ini tidak berkontribusi pada internet. Masuk tahun 2021, Internet Explorer akan berhenti lalu kemudian berkolaborasi dengan Google Chrome dan membuat Microsoft Edge.

Exit mobile version