Selain Virus Corona, Inilah Daftar Masalah Kesehatan Saat WFH yang Sering Mengintai

Foto : 30seconds.com

Work From Home atau WFH harus dijalani hampir semua para pekerja, karena mengingat adanya pandemi covid-19. Sehingga memaksakan para masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan barunya, bekerja dari rumah. Meskipun belum terbiasa, namun bekerja di luar kantor atau di rumah ternyata juga tetap dapat menciptakan kinerja yang produktif.

Akan tetapi, jangan hanya mengejar target pekerjaan saja, Namun Anda juga harus tetap memperhatikan kesehatan. Perlu diketahui dengan baik bahwa masalah kesehatan saat WFH juga dapat mengintai pada siapapun yang sedang menjalankan Work From Home. Inilah permasalahan kesehatan yang bisa saja mengancam para pekerja dari rumah, di antaranya:

1. Sakit Punggung

Saat bekerja di rumah tentunya fasilitas yang dimiliki tidak seperti di kantor. Salah satunya yaitu tempat duduk. Posisi duduk yang tidak tepat dan tidak seimbang bisa saja menimbulkan sakit punggung, otot leher, lengan, maupun bahu. Hal ini dikarenakan otot yang terlalu kaku, sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Sebaiknya Anda duduk pada posisi yang benar, yaitu siku sekitar 90 derajat ketika duduk di depan komputer. Selain itu juga bisa melakukan peregangan pada setiap jam supaya tidak mengalami kekakuan. Disarankan bagi Anda supaya lebih banyak mengkonsumsi air supaya tubuh tetap terhidrasi.

2. Berat Badan yang Semakin Bertambah

Berat badan seseorang bisa saja bertambah ketika bekerja di rumah, karena tidak melakukan aktivitas olahraga, duduk dalam waktu yang lama, kurangnya jam tidur, bahkan menjalankan diet yang tidak tepat. Apabila berat badan terus-menerus bertambah, maka hal ini pun bisa menimbulkan adanya permasalahan kesehatan.

3. Insomnia

Ternyata melihat layar gawai di sepanjang hari tanpa pergi ke mana pun bisa menimbulkan hambatan pola tidur, sehingga menimbulkan insomnia. Sebaiknya ketika Anda sudah menyelesaikan pekerjaan, jauhkan laptop ponsel maupun tablet 2 jam sebelum tidur. Tujuannya supaya tubuh dapat masuk pada mode tidur.

4. Pikiran yang Stres

Menyelesaikan pekerjaan memang harus terus dilakukan supaya bisa memenuhi segala kebutuhan keluarga dengan baik. Bahkan saat pandemi seperti ini beberapa masyarakat tidak hanya dipusingkan perihal pekerjaan yang dimilikinya saja, akan tetapi juga stres karena harus mengajar anak-anak di rumah.

Tidak hanya para pekerja saja yang diharapkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah, namun anak sekolah pun juga diliburkan. Hal inilah yang menimbulkan pikiran stres seringkali dialami oleh para masyarakat yang menjalankan Work From Home. Ditambah lagi dengan banyaknya tuntutan pekerjaan dan kurangnya amunisi untuk berliburan, sehingga semakin meningkatkan rasa stres.

5. Terlalu Lelah

Sebagian orang menganggap bahwa bekerja di rumah terasa lebih santai, karena tidak ada atasan yang mengawasi. Namun hal ini ternyata tidak selamanya benar, karena justru bekerja di rumah membuat fisik merasa lemah. Alasannya karena para pekerja juga tetap harus mematuhi jadwal yang telah ditetapkan perusahaan.

Selain itu jumlah pekerjaan yang justru menumpuk karena harus menyelesaikan pekerjaan rumah, membantu anak belajar, dan yang lainnya. Jika Anda tidak pandai dalam mengatur waktu, maka hal ini bisa saja menimbulkan masalah pada kesehatan yang lainnya.

Dilansir dari Detik (29/9), bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tentunya sangat membutuhkan hubungan terhadap orang lain supaya dapat berkembang. Seseorang yang terkurung di dalam rumah atau pada satu tempat ternyata dapat menimbulkan perasaan yang sedih dan depresi. Namun cara ini menjadi salah satu tindakan yang harus diterapkan supaya bisa memutus rantai penyebaran virus Corona.

Exit mobile version