Syarat Mendaftar UTBK-SBMPTN yang Perlu Anda Ketahui

Syarat mendaftar UTBK-SBMPTN

Foto : pikiran-rakyat.com

LTMPT telah kembali mengumumkan terkait pendaftaran ujian tulis berbasis komputer serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri mulai hari ini. Sama seperti kemarin, tes UTBK-SBMPTN  akan dilakukan sebanyak 2 gelombang yaitu gelombang pertama pada tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang 2 pada tanggal 26 April-2 Mei 2021.

Siswa sudah dapat melakukan registrasi akun LTMPT dan simpan permanen saat mendaftarkan diri pada UTBK-SBMPTN tahun ini. Pendaftaran ini untuk siswa lulusan tahun 2019,2020 dan 2021. Untuk siswa yang telah mendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri 2021 baru akan diperbolehkan mendaftar UTBK-SBMPTN setelah pengumuman keluar.

Jika ada peserta SNMPTN yang nekat melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN maka akan didiskualifikasi dan tidak akan diproses dalam sbmptn serta biaya seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat diambil kembali. Pihak LTMPT mulai menyiapkan sistem UTBK yang baru saat masa pandemi Covid-19 ini dan menghimbau siswa agar menggunakan laptop atau komputer untuk meminimalisir kesalahan dalam pengisian data sata pendaftaran.

Berikut ini Syarat Mendaftar UTBK-SBMPTN yang perlu Anda Ketahui :

1. Tidak lulus dalam jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2019, 2020 dan 2021.

2. Membuat dan memiliki akun LTMPT.

3. Bagi siswa yang baru lulus tahun 2021 harus menyiapkan Surat Keterangan Siswa kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun.

4. Bagi siswa yang sudah lulus dari tahun 2019 dan 2020 atau peserta lulusan paket C harus menyiapkan ijazah dengan umur maksimal 25 tahun.

5. Siswa SMA dari luar negeri harus mempunyai ijazah yang sudah disetarakan.

6. Mempunyai kesehatan yang baik agar tidak mengganggu kelancaran proses ujian.

7. Sudah membayar biaya utbk melalui bank yang telah disediakan (BRI, BTN, BNI dan Mandiri).

Diatas merupakan persyaratan umum yang harus dipenuhi terlebih dahulu untuk lanjut memilih jurusan dan perguruan tinggi. Persyaratan untuk peserta sendiri yaitu Peserta mengikuti Tes TPS dan TKA saintek untuk  disesuaikan memilih jurusan prodi saintek. Peserta mengikuti Tes TPS dan TKA soshum untuk  disesuaikan memilih jurusan prodi soshum dan Peserta prodi campuran dari saintek dan soshum mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA soshum.

Seleksi dan tes memang harus disesuaikan dengan jurusan yang akan diambil. Namun, terkecuali program studi kedokteran dan kedokteran gigi hanya dapat dipilih untuk siswa lulusan SMA/MA jurusan ipa. Biaya UTBK tidak gratis karena harus membayar sebesar Rp 200.000 baik ujian saintek maupun soshum sedangkan untuk ujian campuran kena biaya sebesar Rp 300.000.

Pembayaran UTBK yang sudah berhasil tidak dapat diambil kembali dengan alasan apapun. Bagi calon peserta kartu Indonesia pintar yang sudah dinyatakan lolos persyaratan maka tidak dipungut biaya. Jadwal registrasi akun LTMPT akan dimulai tanggal 7 Februari-12 Maret kemarin. Untuk pendaftarannya sendiri akan dimulai pada tanggal 15 Maret-1 April 2021. Peserta sudah dapat melihat pengumuman hasil SBMPTN pada bulan Juni mendatang.

Berikut ini tahapan yang  harus diikuti untuk pendaftaran SBMPTN 2021 : membuka laman portal LTMPT di https://portal/ltmpt.ac.id, login dengan akun LTMPT yang telah dimiliki, klik menu UTBK-SBMPTN, mengisi biodata diri, memilih program studi (hanya 2 saja), mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK, mendapatkan nomor pendaftaran, konfirmasi kartu peserta dan unduh serta cetak kartu peserta Anda.

Exit mobile version