Tahap dan Cara Login Kemnaker Untuk Cek BLT

Foto : harapanrakyat.com

Pemerintah mengadakan program Bantuan Langsung Tunai bagi karyawan yang menerima gaji kurang dari Rp 5 juta. Tahap ke empat sudah berlangsung dan kini, dimulai pencairan tahap ke lima untuk program yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Karyawan yang dipastikan berhak mendapatkan subsidi gaji tersebut akan menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan diberikan Kementrian Ketenagakerjaan dan cair selama empat bulan sebanyak dua kali pencairan. Bagi karyawan yang berhak menerima diharapkan melakukan pengecekan terlebih dulu untuk memastikan nama mereka tercantum dan memenuhi syarat penerimaan.

Pentingnya Lakukan Cek BLT

Kementerian Ketenagakerjaan sudah melakukan pencairan BLT subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu tahap ke empat. Di tahap ke lima, pencairan BLT diberikan waktu tenggang hingga akhir September ini. Maka dari itu, proses pencairan harus dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Namun, terlebih dulu peserta yang lolos memang sudah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan seperti karyawan bukan PNS, atau bukan pegawai BUMN. Syarat lainnya adalah gaji yang harus dibawah Rp 5 juta per bulan.

Sekitar 15 juta karyawan yang  ditargetkan menerima BLT atau subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu selama empat bulan. Untuk bisa mengetahui apakah anda merupakan penerima bantuan tersebut, bisa langsung melakukan pengecekan ke situs Kemnaker dengan melalui beberapa tahap. Seperti apa cara melakukan pengecekan bantuan BLT di situs kemnaker.go.id? Simak beberapa tahap berikut ini!

1.  Membuka Situs Kemnaker

Pastikan koneksi internet tetap stabil untuk membuat akses kunjungan ke situs Kemnaker tetap nyaman dilakukan. Mengunjungi situs resmi Kemnaker dengan membuka alamat situs di www.kemnaker.go.id . Laman utama situs Kemnaker akan terbuka dengan beberapa fitur seperti fitur DAFTAR yang digunakan untuk pengecekan.

2.  Klik DAFTAR

Pada laman utama website resmi Kemnaker akan dilengkapi dengan fitur pendaftaran. Lakukan proses pendaftaran dengan klik “DAFTAR” yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya, peserta akan diminta untuk memasukkan nama dan biodata akun. Lakukan pengisian biodata beserta kelengkapan lain seperti NIK, Nomor KK, nama ayah atau ibu kandung.

Selain data tersebut, formulir juga dilengkapi permintaan data email. Masukkan alamat email yang aktif, nomor telepon, serta password untuk pembuatan akun. Password diupayakan bersifat rahasia dan sulit ditebak untuk mengamankan akun milik peserta penerima BLT gaji dari Kemnaker tersebut.

3.  Login dan Kelengkapan Profil

Langkah terakhir adalah melakukan login ulang setelah proses verifikasi akun dilakukan. Perlu diketahui, sebelumnya peserta akan mendapatkan kode OTP yang diberikan lewat nomor telepon peserta. Isikan nomor kode OTP tersebut untuk bisa mendapatkan verifikasi resmi dan peserta pun bisa melakukan login.

Login ulang dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Kemnaker dan klik pada fitur “LOGIN”. Isi kolom yang tersedia dengan nomor telepon atau NIK peserta kemudian cantumkan juga password yang dimiliki. Selanjutnya, website pun akan terbuka dan peserta bisa melakukan pengecekan data diri sebagai penerima BLT atau subsidi gaji.

4.  Mengetahui Tahap Penerimaan BLT

Setelah berhasil login, selanjutnya peserta bisa melakukan scroll laman ke bawah untuk melihat tahap penerimaan. Peserta bisa mengetahui namanya terdaftar sebagai penerima subsidi gaji di tahap berapa pada langkah ini. selanjutnya, konfirmasi bisa dilakukan dengan menunggu proses pencairan.

Itulah beberapa tahapan dan cara login kemnaker.go.id untuk melakukan pengecekan BLT yang dicairkan oleh Kemnaker. Dengan mengetahui langkah login situs Kemnaker, maka penerima BLT melalui program kartu Prakerja yang digagas pemerintah akan semakin mudah dilakukan.

Exit mobile version