Terbaru! Pemerintah Kembali Membuka Lowongan CPNS 2021

Lowongan CPNS 2021

Lowongan CPNS 2021, formasi dan jadwal


Lowongan untuk calon pegawai negeri sipil 2021 dipastikan akan segera dibuka kembali oleh pemerintah. Kabarnya lowongan ini akan dibuka pada bulan Mei depan. Walaupun dibuka kembali, pemerintah sudah memiliki prioritas untuk formasi CPNS 2021. Beberapa bidang yang dijadikan prioritas formasi adalah bidang teknis, pendidikan dan tenaga kesehatan. Formasi ini merupakan bentuk upaya dari pemerintah dalam mencapai sasaran pembangunan nasional. 

Pemerintah sedang proses mempersiapkan hal-hal terkait menghimpun data kebutuhan dari masing-masing instansi pusat dan daerah. Adanya penghimpunan data lowongan CPNS 2021 ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai usulan instansi tentang dasar keinginan atau kebutuhan. 

Dilansir dari Cnbc Indonesia (01/21), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan, ”bahwa saat ini pemerintah akan merekrut 4,2 juta PNS di seluruh Indonesia. Baik itu di tingkat Kementerian Lembaga (K/L) hingga Pemerintah Daerah (Pemda),  dan masih dibutuhkan lagi tenaga profesi dengan jumlah 1 juta (ASN).” 

Lowongan CPNS 2021 akan dibuka juga untuk profesi guru (Pegawai Pemerintah), serta tenaga Kesehatan mulai dari dokter hingga perawat dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sebanyak 260 ribu lowongan akan dibuka untuk  profesi sesuai dengan kebutuhan pemerintah. 

Sedangkan tenaga kesehatan akan membuka 100 ribu lowongan, pihak Badan Kepegawaian Negara menjelaskan bahwa persiapan untuk CPNS tahun 2021 ini masih dalam tahap menghitung ulang apa saja kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil baru untuk ke depan di seluruh instansi pemerintah. 

Karena ada beberapa perubahan pasca masa Covid-19, ada formasi jabatan CPNS yang mungkin sudah tidak dibutuhkan lagi di era adaptasi kebiasaan baru ini atau disebut juga new normal.

Oleh karena itu pemerintah mengharapkan semua instansi melakukan analisis jabatan, evaluasi jabatan, serta penghitungan beban kerja dan penghitungan kebutuhan ASN. Pemerintah berharap lowongan CPNS di tahun 2021 dapat lebih tertata melalui  perencanaan dan rekrutmen. Formasi untuk CPNS 2021 akan didata berapa ASN yang dibutuhkan nantinya.

Selain itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo juga mengatakan bahwa pemerintah berencana untuk menetapkan gaji PNS akan naik menjadi Rp 9 juta per bulan. Hal ini bersamaan dengan pemerintah menaikkan tunjangan kinerja PNS di tahun 2021. 

Kabar adanya Peningkatan tunjangan ini akan dilakukan untuk semua PNS di Indonesia.  Tjahjo kumolo juga menjelaskan, bahwa pembahasan mengenai kenaikan tunjangan untuk PNS dari pemerintah ini telah dibahas bersama dengan Kementerian Keuangan sehingga menghasilkan keputusan  (gaji) pegawai paling rendah ASN pada tahun 2021 minimal Rp 9 juta sampai Rp 10 juta.

Untuk mendaftar CPNS 2021 harus mempersiapkan dokumen seperti  Ijazah, Transkrip nilai asli, KTP asli, Pas foto, Swafoto. Beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi. Selain itu,  beberapa syarat umum yang harus dipenuhi terlebih dahulu seperti : 

  1. Termasuk Warga  Asli Negara Indonesia 
  2. Memiliki Usia Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  3.  Bukan mantan narapidana. 
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri
  5. Tidak pernah diberhentikan  dengan tidak  hormat sebagai pegawai Swasta
  6. Tidak termasuk  PNS Calon Anggota TNI/Polri 
  7. Bukan merupakan Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah
  8. Bukan Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis.
  9. Tingkat kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar.
  10.  Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi negeri dan minimal 3,00 untuk perguruan tinggi swasta. 

 

Exit mobile version