Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan

Gambar : Pexels

Setelah lulus dari kelas XII, apakah kamu sedang melakukan ancang-ancang melanjutkan ke kampus impian? Mengingat ketatnya persaingan serta bertambahnya tuntutan kompetensi dunia kerja di era revolusi industri 4.0 ini, tentunya menentukan jurusan kuliah pun semakin rumit.

Tak perlu galau, di bawah ini ulasan singkat beberapa jurusan kuliah populer tahun 2020 yang mungkin sesuai dengan minat dan bakatmu. Selain itu, simak juga tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu jadikan inspirasi berikut ini.

Kenali Potensi Diri

Memilih jurusan kuliah tak boleh sembarangan. Sudah banyak kasus mahasiswa yang harus terjebak dalam jenuh, bahkan kesulitan hingga tak kunjung lulus karena salah jurusan. Nah, kenali dengan baik potensi dirimu, mungkin saja kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, maka prioritaskan jurusan Pendidikan Dokter atau Statistika.

Sesuaikan Minat dan Keinginan

Jangan sekedar mengikuti tren, sesuaikan jurusan kuliah yang akan kamu ambil dengan minat dan keinginan. Ini adalah modal utama bila kamu ingin mengambil jurusan yang berseberangan dengan potensi diri. Yang perlu diingat, pastikan passion-mu benar-benar kuat atau sudah menjadi hobi.

Lihat Prospek Kerja

Kuliah merupakan salah satu jembatan menuju dunia kerja nanti. Pilihlah jurusan kuliah yang punya prospek kerja tinggi namun tetap tak jauh dari potensi serta minatmu.

Berkonsultasi dengan Orang Lain

Pendapat serta masukkan dari orangtua atau orang terdekatmu dapat dijadikan referensi dalam menentukan jurusan kuliah. Namun bila saran mereka tidak sesuai dengan visi-misi yang kamu miliki, keputusan tetap ada di tanganmu.

Cari Informasi Universitas

Setelah mengantongi jurusan kuliah pilihan, tempat kuliah atau universitas adalah keputusan penting lainnya. Banyak faktor turut menjadi penentu pilihanmu, termasuk tingkat akreditasi dan biaya kuliah. Jangan malas melakukan riset dan selalu siapkan plan B atau pilihan cadangan, ya.

5 Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan di Tahun 2020

Siapa yang tak ingin kuliah di universitas impian dengan jurusan kuliah terbaik, apalagi bila menjanjikan prospek kerja yang bagus? Dari sekian banyak pilihan, satu atau dua diantara rekomendasi di bawah ini mungkin cocok untukmu.

1. Teknologi Informasi

Hingga beberapa tahun mendatang pun, teknologi informasi masih selalu akan dibutuhkan. Tentu saja ini tak lepas dari peran dan perkembangan teknologi yang kian pesat. Selain itu, hampir semua sektor usaha membutuhkan bantuan tenaga ahli IT.

2.  Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual

Prospek kerja dari jurusan desain grafis atau desain komunikasi visual sangat luas. Sebagai lulusan jurusan ini, kamu bisa bekerja di berbagai bidang, seperti media, periklanan dan humas, perusahaan pemerintah, hingga perusahaan multinasional.

3.  Ilmu Kesehatan dan Psikologi

Tahun 2020 ini saja, kebutuhan tenaga profesional pelayanan kesehatan telah meningkat 40%. Dengan bertambah pesatnya jumlah penduduk, tentunya ilmu kesehatan dan psikologi menjadi salah satu jurusan kuliah paling menjanjikan.

4.  Teknik, Hukum & Guru

Kamu dapat dengan mudah menemukan jurusan Teknik, Hukum, & Guru di kampus-kampus Tanah Air. Berbagai prospek kerja di bidang teknik seperti mesin, robotika, elektro dan sebagainya, diprediksi masih akan terbuka lebar. Begitupun dengan tenaga ahli di bidang pendidikan.

5. Akuntansi, Bisnis & Matematika

Akuntansi serta jurusan bisnis & matematika merupakan dua jurusan kuliah populer saat ini. Setiap sektor bisnis serta keuangan, terutama didukung kehadiran era digital, membuat perusahaan sangat membutuhkan tenaga ahli untuk mengolah data.

Yang tak kalah penting dalam menentukan jurusan kuliah adalah biaya. Tetapi bila keterbatasan biaya menjadi masalah, carilah referensi kampus yang memiliki program beasiswa untuk jurusan kuliah incaranmu. Nah, semoga kamu semakin mantap menentukan pilihan.

 

Exit mobile version