Tips Sosmed Untuk Anak Agar Tidak Terkena Dampak Negatif

Tips Sosmed Untuk Anak

Foto : parenting.dream.co.id

Memantau anak dalam bersosmed tentu menjadi hal penting yang harus diketahui oleh para orang tua karena di era yang serba digital ini, anak-anak banyak yang kecanduan bermain sosial media. Sebagai orang tua yang perhatian terhadap kesehatan mental putra-putrinya, tentu tidak rela apabila si kecil justru kecanduan secara berlebihan.

Mengingat anak-anak adalah sosok yang masih polos dan rentan sehingga penanganannya juga tidak mudah. Untuk itu, menjaganya agar tidak mendapat pengaruh buruk dari sosmed adalah kewajiban setiap orang tua. Berikut tips sosmed untuk anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua dengan sangat mudah.

1. Jadilah Teman Untuk Si Kecil

Tips pertama yang bisa dilakukan oleh para orang tua adalah dengan menjadi sosok teman untuk mereka. Setiap orang tua bisa berubah menjadi teman dan ikut memantau si kecil saat bermain sosmed. Tinggalkan komentar-komentar positif yang membuatnya tidak menyerah dalam belajar. Apabila suatu ketika menemukan komentar yang tidak pantas, maka berilah pengertian pada si kecil.

2. Menggunakan Aplikasi Controlling

Mungkin banyak orang tua yang masih belum tahu, tetapi sudah banyak sekali aplikasi controlling yang tersebar di internet. Hal ini secara tidak langsung mampu membantu orang tua dalam memantau kegiatan sosial media yang dilakukan oleh buah hati. Caranya hanya dengan menginstall aplikasi parenting, lalu hubungkan dengan sosmed si kecil, dengan begitu semuanya menjadi lebih terpantau.

3. Orang Tua Harus Paham Sosial Media

Sebagai orang tua yang baik, harus mengetahui apa saja informasi-informasi seputar sosial media yang banyak digunakan oleh anak-anak. Apabila orang tua tidak paham sama sekali dengan sosial media si kecil, maka pemantauan akan sangat sulit dilakukan. Apalagi saat ini anak-anak sangat pintar mengeksplorasi berbagai menu yang terdapat di dalam sosial medianya.

4. Lakukan Tes Pengetahuan Sosial Media terhadap Anak

Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan si kecil terhadap sosmed, orang tua bisa melakukan beberapa pengetesan. Pengetesan dilakukan untuk mengetahui sejauh apa pemahaman si kecil pada penggunaan sosmed sehingga bisa tahu apakah ia menggunakannya dengan baik. Caranya bisa dengan berpura-pura meminta pertolongan untuk mengecek sosial media Anda, lalu tanyakan beberapa hal yang penting.

5. Rencanakan Acara Bersama Teman Sosmednya

Di dalam dunia maya, anak-anak tentunya juga memiliki teman, baik itu yang dikenal ataupun tidak. Dalam hal ini, bagaimana sifat dari teman-teman yang dimiliki oleh anak-anak akan mempengaruhi pergaulannya di sosmed. Untuk itu dengan menginisiasikan pertemuan, bisa diketahui bagaimana tipe-tipe mereka sesungguhnya. Apabila memang dirasa aman, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan lingkaran pertemanannya.

6. Memperbanyak Waktu Bersama Keluarga

Cara paling ampuh yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anak melupakan sejenak kegiatan sosial medianya adalah dengan memperbanyak waktu bersama keluarga. Bisa jadi anak-anak bermain sosmed karena orang tua terlalu sibuk dan tidak banyak yang mengajaknya bermain, untuk itu tidak ada salahnya menciptakan banyak waktu bersama keluarga dan melakukan berbagai hal yang disukai.

7. Membuat Kesepakatan Terkait Waktu Bermain

Keberadaan sosmed memang sangat mungkin menciptakan candu kepada si kecil sehingga setiap orang tua perlu mengatur kapan saja waktu yang diperbolehkan untuk anak bermain sosmed.  Buat saja kesepakatan-kesepakatan yang bisa diterima oleh si kecil, seperti misalnya hanya boleh bermain sosmed saat sudah belajar atau mengerjakan PR. Hal ini secara tidak langsung juga akan menimbulkan semangat dalam dirinya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak mampu menggunakan sosmed dengan baik. Orang tua yang baik tidak akan melarang anaknya mengikuti kemajuan teknologi, tetapi mengarahkannya adalah kewajiban yang harus dipenuhi.

Exit mobile version