Token Listrik Gratis Stimulus Agustus 2020

Token Listrik Gratis

©Tribunnews

Token ( Listrik ) gratis stimulus Agustus adalah terobosan terbaru yang diberikan pemerintah dalam meringankan beban biaya pembayaran listrik bagi masyarakat Indonesia di masa Covid-19. Penyelenggaraan pemberian listrik gratis akan mulai diselenggarakan pada periode Agustus 2020.

Dilansir dari Tribun Pontianak.co.id, bahwasannya dewasa ini pemerintah telah berupaya untuk memberikan diskon pembayaran listrik bagi masyarakat sebesar 50 persen. Adapun pemberian diskon tersebut hanya diberlakukan kepada pelanggan prabayar dan pascabayar yang memiliki daya listrik sebesar 450 volt – ampere.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengklaiman diskon pembayaran token listrik di bulan Agustus 2020, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu bisa melalui situs resmi https://stimulus.pln.co.id dan melalui aplikasi percakapan whatsapp resmi PLN di nomor 08122-123-123.

Mengutip dari website resmi PLN, bahwa cara untuk mengajukan stimulus token listrik di bulan Agustus 2020 melalui situs resmi PLN, yaitu :

1. Buka website resmi PLN pada link www.pln.co.id

2. Setelah itu, klik pada bagian kolom token gratis / diskon stimulus Covid-19

3. Kemudian, masukkan ID dari nama pelanggan beserta nomor meteran yang digunakan di bagian kolom pencarian.

4. Selanjutnya, masukkan kode captcha yang telah disediakan pada kolom yang diberikan. Usahakan, penulisan kode harus benar dan tepat.

5. Tunggulah sampai keterangan token listrik gratis maupun diskon 50% tertera pada kolom keterangan. Jika telah muncul, maka registrasi pengajuan berhasil.

6. Pengajuan stimulus token listrik berhasil diakses. Setelah itu, pelanggan dipersilahkan untuk memasukkan angka KWh meteran yang dimiliki .

Sementara itu, pengajuan stimulus token listrik pada periode Agustus 2020 melalui pesan Whatsapp PLN dapat dilakukan dengan cara berikut ini. Yaitu :

1. Bukalah terlebih dahulu aplikasi Whatsapp. Bisa melalui smartphone, android, maupun scan whatsapp web di PC/ Laptop

2. Berikutnya, mulailah untuk menyimpan terlebih dahulu contact person whatsapp PLN (08122-123-123) .

3. Setela nomor tersimpan, mulailah dengan pengajuan pertanyaan pada nomor whatsapp PLN tersebut, dengan tetap memperhatikan etika bicara yang baik dan sopan, serta seperlunya saja.

4. Untuk mengawali pembicaraan mulailah dengan mengucapkan salam, lalu perkenalkan diri dengan menyebutkan nama, tempat tanggal lahir, alamat, ID pelanggan, serta nomor meteran.

5. Setelah itu, tunggulah balasan pesan otomatis dari akun bisnis whatsapp PLN. Untuk melanjutkan pembicaraan, tekan angka nomor satu.

Adapun bunyi dari pesan otomatis yang akan dikeluarkan oleh PLN apabila pelanggan mengetik angka nomor satu, adalah sebagai berikut. Yaitu :

Halo electrizen

Silahkan untuk mengikuti panduan berikut ini :

1. Ketik nomor satu untuk informasi Diskon dan Listrik Gratis stimulus Covid 19 2020 .

2. Ketik nomor dua untuk informasi Baca meter pemakaian listrik pascabayar secara mandiri melalui Hotline PLN dengan kode area 123.

Setelah pelanggan mengikuti petunjuk berikut dan mengetik angka nomor satu, maka PLN akan membalas dengan petunjuk silahkan memasukkan nomor kode ID pelanggan.

Selanjutnya, tunggulah beberapa menit, maka secara otomatis PLN akan memberikan pesan balasan dengan bunyi sebagai berikut. Yaitu :

 Halo electrizen

Saat ini, pemerintah telah memberikan listrik gratis untuk seluruh pelanggan rumah tangga yang menggunakan kapasitas listrik sebesar 450 VA dan Diskon 50 persen kepada seluruh pelanggan rumah tangga yang menggunakan kapasitas listrik sebesar 900 VA subsidi. Hal ini disesuaikan dengan DTKS ( Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan para pelanggan Industri dan Bisnis yang menggunakan kapasitas listrik 450 VA.

Demikianlah informasi mengenai stimulus gratis token listrik pada periode Agustus 2020 ini disampaikan, semoga berita ini dapat memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Exit mobile version