Video Call Whatsapp Web, Solusi Bertatap Muka Ditengah Pandemi

Foto : harapanrakyat.com

Aktivitas tatap muka sekarang tergantikan dengan Video Call atau panggilan Video. Di Tengah pandemi Covid-19 ini memang tidak dianjurkan untuk bertemu dengan orang lain diluar rumah. Sehingga Fitur Panggilan Video ini menjadi trend dan marak digunakan beberapa waktu terakhir. Banyak Aplikasi yang mempunyai fasilitas Video Call.

Facebook Messenger, Whatsapp,  Line, Zoom dan Google Meet merupakan beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk video call. Bahkan, Pihak facebook juga mengatakan Tingkat video call di Aplikasi Messenger miliknya meningkat menjadi dua kali lipat sejak tahun lalu di daerah-daerah yang khususnya terdampak Covid-19.

Sejak pandemi, seluruh aktivitas baik kegiatan belajar mengajar, rapat dan acara seminar dll berubah menjadi Video call. Hal ini yang membuat para perusahaan berlomba-lomba mulai menyediakan jasa dan layanan digital serta fitur tercanggih dengan akses yang terbaik bagi masyarakat. Dampak Positif dari pandemi dilihat dari segi teknologi bahwa terjadi peningkatan perkembangan teknologi yang signifikan.

Peningkatan perkembangan teknologi ini memang di imbangi dengan kebutuhan masyarakat saat situasi pandemi melanda seperti sekarang. Aplikasi terpopuler dan menjadi terbesar di dunia yaitu Whatsapp selalu memberikan inovasinya untuk mengembangkan fitur yang ada. Aplikasi yang awalnya terkenal dengan fitur pesan, dan telepon terus menambah fiturnya yaitu video call.

Awalnya video call yang dibuat oleh Whatsapp hanya mampu menampung dua orang saja. Sampai sekarang whatsapp berhasil mengembangkan fitur video callnya dengan memberi kapasitas untuk empat orang dalam sebuah ruang Video call. Tidak hanya sampai disitu saja, Whatsapp kurang puas dan menambah kapasitas video call menjadi delapan orang dalam satu ruang video call bulan Juli lalu.

Tidak hanya dari segi fitur saja, Whatsapp juga mengembangkan aplikasinya dalam bentuk Web atau Desktop. Artinya tidak hanya bisa diakses di smartphone tetapi juga bisa diakses di laptop atau komputer. Bentuk Whatsapp ini dinamakan Whatsapp Web. Whatsapp web merupakan Jenis Whatsapp yang bisa diakses melalui web browser.

Sedangkan Whatsapp Desktop merupakan whatsapp yang dapat diakses melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh terlebih dahulu di laptop atau komputer. Tidak perlu repot untuk mengunduh aplikasi di laptop karena bisa menggunakan Whatsapp Web dan juga tidak perlu smartphone untuk melihat whatsapp karena bisa menggunakan Whatsapp Desktop lewat aplikasi.

Whatsapp web atau desktop tidak memiliki fitur video call secara langsung. Namun, tetap bisa melakukan video call menggunakan fitur Messengers Room. Dalam Messenger Rooms sendiri telah dilengkapi dengan fitur yang dapat menampung 50 orang sekaligus dalam satu ruang video call.

 Fitur ini dibuat oleh facebook untuk menyaingi kompetitornya yaitu Zoom dan Google Meet. Video call whatsapp web paling mudah dilakukan karena bisa melalui web serta whatsappnya tetap bisa melakukan aktivitas messenger seperti di smartphone. Berikut adalah cara untuk membuat sebuah video call di whatsapp web maupun desktop dengan mudah :

 

Exit mobile version