Whatsapp Berbayar di Tahun 2020? Ini Fakta dan Fitur Terbarunya

Whatsapp berbayar 2020

Foto : agmagency.com

Aplikasi Whatsapp adalah aplikasi yang sedang populer saat ini dan sudah banyak sekali digunakan orang. Aplikasi whatsapp memiliki 2 jenis yaitu Whatsapp untuk pribadi dan Whatsapp Business. Tercatat dalam Google Playstore sudah ada 5M+ orang yang sudah mendownload Whatsapp Messenger sedangkan untuk Whatsapp Business sudah ada 175 juta orang yang mendownloadnya.

Kabar terbaru datang dari Platform milik Facebook ini berencana untuk menarik uang dari pengguna Whatsapp Business. Layanan yang diberikan oleh Whatsapp Business tidak lagi seluruhnya gratis. Whatsapp Business akan mengharuskan perusahaan dan bisnis kecil yang sudah menjadi penggunanya untuk membayar jika ingin menikmati beberapa layanannya.

Kebijakan berbayar ini akan diumumkan bersamaan dengan diluncurkannya beberapa fitur baru yang ada di Whatsapp Business. Layanan baru yang ditawarkan yaitu layanan hosting, fitur shopping yang semakin luas, inventaris dan membantu mitranya dalam mengelola pesan. Fitur Layanan Hosting pesan baru tersedia tahun 2021. Awalnya Whatsapp akan menawarkan layanan hosting secara gratis.

Hal itu dilakukan untuk menarik konsumen bisnis baru yang ingin mencoba fitur ini. Setelah melakukan hal promosi tersebut maka Whatsapp akan menarik biaya 0,5 sen hingga 9 sen untuk tiap pesan yang dikirimkan melalui layanan hosting tersebut. Fitur chat dengan akun bisnis yang rencananya menggunakan layanan hosting baru akan disimpan ditempat lain dan tidak dilindungi oleh enkripsi end to end milik Whatsapp.

Namun, informasi tersebut akan diberitahu kepada pengguna sebelum mereka memulai chatnya.  Fitur lainnya seperti Fitur Shopping akan diluncurkan tahun ini, Sebagai pemilik akun Whatsapp Business anda bisa membayar untuk mengirimkan jenis pesan tertentu, Contohnya boarding pass atau struk belanja. Tetapi biaya yang dipasang kembali tergantung pada wilayah dan jumlah pesan yang dikirim.

Rencana Whatsapp Berbayar 2020 dan Fitur Barunya tersebut memang belum ada informasi lebih lanjut mengenai apakah layanan akan diubah menjadi layanan berbayar atau berapa harga yang akan ditetapkan. Pihak Facebook juga belum memberikan secara detail lebih lanjut tentang beberapa layanan lainnya. Whatsapp Business sendiri memang dilihat dari jumlah pengguna di Google Playstore memiliki pengguna yang cukup sedikit.

Pihak dari Facebook juga mengatakan bahwa pendapatan yang diperoleh dari Aplikasi Whatsapp Business ini memang lebih kecil dibandingkan dengan facebook secara keseluruhan. Tetapi Pihak Facebook yakin bahwa Aplikasi Whatsapp Business ini memiliki peluang yang besar. Platform Facebook memang diketahui mengakuisisi Whatsapp pada tahun 2014 dengan biasa USD 16 Miliar.

Pada saat itu memang facebook kesulitan untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi messaging tersebut. Selama ini pendapatan pihak facebook bergantung dari iklan di facebook dan instagram. Namun, Disisi lain Facebook menggunakan sebagian Pendapatan dari Whatsapp Business untuk terus menawarkan layanan gratis kepada lebih dari dua miliar pengguna whatsapp. 

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Whatsapp business dan Whatsapp Messenger memiliki beberapa perbedaan. Pertama sangat terlihat jelas pada logo, untuk Whatsapp Messenger berlogo telepon sedangkan untuk Whatsapp Business berlogo huruf  “B” Kapital dengan warna hijau yang khas.

Dilihat dari segi fitur, Whatsapp bisnis memiliki beberapa fitur yang tidak ada didalam whatsapp Messenger yaitu melihat statistik pesan terkirim maupun yang diterima. Selain itu, Whatsapp Business juga dapat membalas pesan secara otomatis ketika mendapatkan pertanyaan yang sama dari pelanggan. Sehingga anda bisa lebih mudah mengontrol dan melihat perkembangan pelanggan baru.

 

Exit mobile version