Xiaomi Redmi K30S, Hadir Dengan Harga Ponsel Kelas Atas

Foto : getmobileprices.com

Smartphone keluaran Negeri Tirai Bambu ini biasanya meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau dibawah 3,5 juta rupiah. Baru kali ini Xiaomi membanderol produk terbarunya ini dengan harga diatas 5 juta rupiah. Kabarnya spesifikasi Xiaomi Redmi K30S sebanding dengan smartphone mahal kelas atas yang menjual harga tinggi berisi spesifikasi yang sama. 

Redmi K30S adalah perangkat kelas menengah baru dari Redmi, sub-merek Xiaomi. Tetapi seperti smartphone Cina lainnya, Redmi K30 hanya berada di kisaran menengah atas sebab harganya tergolong mahal dibanding yang sudah meluncur sebelumnya. Sementara spesifikasinya itu mengalahkan flagships kelas atas. LCD nya IPS 120Hz yang cepat tanggap, dilengkapi dengan baterai 5000mAh dan berbekal 4 kamera belakang. Lantas, apakah ada spesifikasi lain yang membuat Xiaomi Redmi K30S ini dijual mahal? 

Setimpal Dengan Spesifikasi Yang Tinggi

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Redmi K30S memiliki spesifikasi yang mengesankan. Jika anda membeli yang sejenis pada brand lain, mungkin harganya akan sangat mahal. Sebagai bocoran K30S mengandalkan 4G kelas atas sebagai sumber konektivitas, RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB dilengkapi dengan Snapdragon 865.

Selain spesifikasi tersebut, dengan membeli ponsel ini anda mendapatkan prosesor Snapdragon 865 dari Qualcomm, baterai 5000mAh dengan pengisian cepat 27W, empat kamera belakang, termasuk sensor Sony IMX 686 64MP, layar LCD IPS 120Hz dan jack headphone. Selain fakta yang telah kami sebutkan itu, akan ada versi K30S dengan konektivitas 5G yang mungkin akan menyusul beberapa pekan kedepan di pasar Indonesia. 

Performa

Secara keseluruhan, Snapdragon 730G dan RAM 8GB sudah sangat berkualitas. Untuk pengerjaan multitasking, K30S bisa anda andalkan dalam urusan mengedit foto, menelpon dan install aplikasi secara bersamaan. Dengan baterai 5000mAh, smartphone ini mampu bertahan hingga 2 hari meski sudah menjalankan fungsinya secara maksimal sepanjang hari. Redmi K30S hadir dengan pengisi daya 27W dalam waktu singkat.

Layar yang terpasang pada K30S sama seperti yang terpasang pada Razer Phone 2, yang berarti ponsel perlu menerangi seluruh tampilan, bukan piksel individual. Layarnya adalah panel 1080p 6,67 inci. Saat cuaca pagi dan siang hari LCD K30S terlihat biasa saja tapi jenis AMOLED yang terpasang pada smartphone ini begitu istimewa. Anda akan melihat keindahannya saat malam hari. Sekedar informasi, LCD AMOLED ada pada ASUS ROG Phone 2 yang harganya sedikit lebih mahal.

Software dan Keamanan

Redmi K30S mengandalkan operasi MIUI 11, berbasis Android 10. MIUI mampu menyesuaikan berbagai software dengan cukup baik, tetapi pengguna xiaomi di Eropa mungkin tidak akan menyukainya, terutama jika Anda terbiasa dengan Android, karena sistem ini nyaris menyerupai iOS.

Ada fitur keren di Redmi K30S yang disebut Mi Share, yang memungkinkan Anda mentransfer file dengan mulus antara perangkat Xiaomi, Vivo, Realme, dan Oppo lainnya. Sistem itu sangat mirip dengan AirDrop Apple, jadi sangat menyenangkan bahwa produsen ini telah bekerja sama untuk membuat transfer file jauh lebih mudah.

Redmi K30S hadir dengan pembaca sidik jari yang terpasang pada sisi kanan yang bersebelahan dengan tombol power. Desain tata letak tombol ini sangat bagus karena secara alami tangan kanan manusia akan meletakan jempol pada sisi tersebut. Tanpa effort yang melelahkan, kunci screen akan terbuka dengan mudah. 

Terakhir, Anda akan menemukan jack headphone di bagian bawah ponsel, yang lebih standar di ponsel kelas menengah sekarang, tetapi jarang di flagships. Meskipun K30S dihargai sebagai perangkat kelas bawah, hadir dengan banyak spesifikasi yang sangat menjanjikan. Jika hobi Anda mendengarkan lagu saat di tempat umum, mungkin Anda tidak akan kecewa setelah mendengar lagu dari ponsel ini. 

Xiaomi Redmi K30S dibanderol dengan harga Rp6.390.000 – Rp7.950.000 dan sudah ada di pasar Indonesia sejak 10 Agustus 2020 lalu. Jumlahnya masih terbatas di area Jawa Barat dan Jabodetabek, maka dari itu anda harus berhati-hati dengan gerai yang mengklaim menjual Xiaomi K30S.

Exit mobile version