4 Tips Cepat Atasi Insomnia ! Nomor 2 Penting Banget

4 Tips Cepat Atasi Insomnia

Gambar : Insider.com

Insomnia merupakan gangguan tidur di malam hari yang biasanya membuat kita kesusahan tidur yang sangat mengganggu. Tentu kita tahu bahwa tidur menjadi kebutuhan mendasar manusia yang penting. Jika tidak tidur manusia akan kekurangan energi ketika melakukan aktivitas dan membuat kurang fokus.

Orang yang mengalami insomnia memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Sebenarnya ada dua macam tidur ada yang berkualitas dan tidak berkualitas. Tanda Jika tidur kita berkualitas maka yaitu butuh waktu sebentar saja tidur menjadi nyenyak dan ketika bangun tubuh kita menjadi segar kembali. Tanda bahwa tidur kita tidak berkualitas, Ketika kita bangun tidur tubuh kita menjadi sakit semua.

Dilansir dari halodoc.com bahwa orang dewasa membutuhkan waktu tidur malam minimal 7-8 jam dalam 1 hari. Gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari, tidak bisa tidur meski merasa lelah merupakan tanda dari insomnia. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Simak 4 tips cepat atasi Insomnia berikut ini :

1.  Minum Susu Hangat

Gangguan pada hormone yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh atau melatonin merupakan salah satu penyebab susah tidur pada malam hari. Mengatasi masalah ini bisa dengan meminum segelas susu hangat pada malam hari atau ketika menjelang waktu tidur. Mengapa harus segelas susu hangat ? karena Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

2.  Menjaga Pola Makan dan Gaya Hidup yang Sehat

Menjaga pola makan sehat juga penting dalam memperbaiki jam tidur kita loh. Menjaga pola makan seperti tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur juga bisa membantu menghindari insomnia. Mengkonsumsi Makanan atau Minuman yang mengandung 400 miligram kafein 6 jam sebelum tidur dapat memperburuk kualitas tidur anda.

Tidak hanya makanan atau minuman yang mengandung kafein, minuman yang beralkohol juga dapat membuat kita memiliki tidur yang tidak berkualitas artinya mudah tertidur namun tidak bisa sampai membuat nyenyak. Jangan Lupa Gaya hidup juga bisa menjadi pemicu insomnia. Selain Makanan dan minuman kafein serta alkohol, kebiasaan merokok dan makanan tidak sehat juga meningkatkan resiko gangguan tidur. Cara mengatasinya dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan berhenti merokok dan mengonsumsi makanan yang kayak kandungan nutrisi dan mineral.

3.  Membuat Jadwal Tidur

Selain tips diatas, kita bisa mencoba membuat jadwal untuk mengatur waktu tidur kita. Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat sehingga terhindar dari insomnia. Insomnia biasanya disebabkan karena waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada ritme sirkadian yang berfungsi dalam mengatur metabolisme tubuh sehingga mempengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

4.  Memiliki Suasana kamar yang nyaman

Selain faktor dari kesehatan, bisa jadi ada faktor lain yang membuat kamu menjadi susah tidur. Mungkin karena suasana kamar yang tidak nyaman. Jika kamu sudah sering mengalami insomnia secara berkepanjangan maka cobalah mengubah suasana dari kamarmu dengan mengganti lampu tidur menjadi lebih redup atau menyalakan musik yang bisa membuatmu tenang. Selain itu bisa juga dengan mengatur suhu kamar agar tubuh menjadi lebih hangat.

Nah, Itu dia tadi 4 tips cepat atasi insomnia yang dikutip dari halodoc.com yang bisa mengurangi masalah insomnia kalian. Selain keempat tips diatas, kalian juga bisa rutin berolahraga untuk menghilangkan insomnia kalian.

Exit mobile version