Baru Merintis Bisnis? Inilah Contoh Inkubator Bisnis yang Cocok Untuk Anda Pelajari

Foto : bobyandian.com

Saat ini inkubator bisnis sedang menjadi tren di kalangan bisnis, khususnya di Indonesia sendiri sudah mulai berkembang selama satu tahun terakhir. Mulai dari berbagai konsep hingga program menarik ditawarkan bagi calon wirausaha yang dianggap memiliki nilai ide bisnis potensial .

Banyak sekali program inkubasi bisnis di indonesia yang cocok untuk anda yang baru saja memulai bisnis dan  ingin mengembangkan bisnis anda. Inkubator bisnis juga berfungsi sebagai tempat  yang digunakan untuk mengeksekusi ide bisnis anda sehingga bisa direalisasikan. Selain itu, inkubator bisnis juga membantu para pelaku usaha yang sedang membutuhkan tambahan dana disertai dengan pendampingan dari para ahli. Dilansir dari m.bisnis (14/10), Berikut contoh inkubator bisnis yang ada di Indonesia :

1. Jakarta Founder Institute

Jakarta Founder Institute (JFI) merupakan salah satu inkubator bisnis yang ada di Jakarta. JFI ini juga cabang dari program The Founder Institute di Indonesia, yang telah beroperasi sejak 2011. Dalam sistem kerja nya, JFI menarik biaya pendaftaran sebesar US$25 bagi calon tenant yang tertarik untuk mengikuti program inkubasi ini. Lalu perusahaan startup yang terpilih akan diwajibkan membayar kursus sebesar US$500.

Startup yang diwisuda dari JFI akan mendapat pendanaan minimal USD50.000 dalam waktu satu tahun setelah kelulusan. Namun, Perusahaan startup tersebut tetap harus membayar sisa kursus sebesar USD4.500. Adapun, jika pendanaan diperoleh lebih dari satu tahun setelah kelulusan, maka startup tidak perlu membayar sisa kursus.

2. Skystar Ventures

Inkubator bisnis ini adalah salah satu dari program inkubator yang berdiri pada akhir 2013. Inkubator ini memiliki fokus utama untuk memperkenalkan dan mengajarkan kepada startup baru mengenai produk dan layanan yang berkaitan dengan digital media, yang meliputi industri distribusi konten, publishing, media sosial, dan e-commerce. Dalam sistem kerja nya SkyStar Ventures akan menginkubasi startup selama empat bulan dari tahap pembuatan ide sampai membuat produk versi beta.

Selain itu, program ini juga akan memberikan investasi awal sebesar Rp 60 – 960 juta. Yang perlu diketahui oleh para peserta inkubasi juga bahwa mereka akan memperoleh network dan fasilitas co-working di New Media Tower milik Universitas Multimedia Nusantara di Tangerang. Inkubator bisnis SkyStar Ventures ini sudah banyak membantu pengusaha-pengusaha yang baru memulai bisnisnya.

 3. Mandiri Inkubator Bisnis

Sesuai dengan namanya, Inkubator ini dibentuk oleh Bank Mandiri untuk mendukung ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Program ini akan berlangsung secara intensif selama enam bulan bagi para pengusaha pemula, terutama untuk penguatan dasar-dasar manajemen bisnis. Bank mandiri membuat program ini dengan rancangan berfokus  kepada kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan bimbingan mentoring langsung dari orang-orang yang berkompeten di bidang mereka masing-masing, dan perluasan jaringan yang akan membantu perkembangan bisnis peserta. 

Jika anda memilih Mandiri Inkubator Bisnis maka anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kombinasi workshop dan praktik langsung dengan kurikulum yang terstruktur, akses ke jaringan Bank Mandiri, serta tempat kerja bersama.

4. Ciputra GEPI Inkubator

Ciputra GEPI ini merupakan Inkubator yang terafiliasi dengan Konglomerasi Ciputra. Inkubator bisnis ini sangat ketat, karena hanya akan memilih para pemilik usaha terbaik dan membina mereka selama enam bulan. Setiap peserta yang terpilih akan mendapatkan berbagai dukungan bimbingan dan membantu startup untuk mendapatkan dana awal. 

Ketika Pelatihan memasuki bulan keenam, Pihak Ciputra GEPI akan mengadakan sesi pitching untuk mempertemukan startup dengan investor yang telah dipilih dengan cermat oleh peserta.

 

Exit mobile version