Buka Rekening Tanpa NPWP? Ini Langkahnya

Foto : blog.pluang.com

Ada beberapa bank seperti Mandiri, BRI, BCA, dan BNI yang memperbolehkan seseorang untuk buka rekening tanpa NPWP. Namun, perlu diperhatikan jenis rekening yang akan dibuka. Contohnya adalah tabungan pelajar atau mahasiswa. Saat ini rekening menjadi salah satu hal yang sangat penting. Melalui rekening, seseorang bisa menabung dengan mudah.

Selain itu, adanya rekening juga memudahkan seseorang untuk melakukan transaksi pembayaran. Tidak heran jika siswa sekolah dasar saja ada yang sudah memiliki rekening. Cara membuat rekening tanpa NPWP bisa dilakukan dengan mudah sesuai dengan jenis bank yang Anda pilih.

Syarat dan Cara untuk Bisa Membuka Rekening Tanpa NPWP

Selain pelajar atau mahasiswa, seseorang tinggal di daerah atau bank yang dituju adalah bank cabang bisa membuka rekening tanpa NPWP. Untuk yang non pelajar, biasanya pihak bank akan memberikan surat pernyataan tidak adanya NPWP. Berikut ini syarat dan cara agar bisa buka rekening tanpa NPWP sesuai jenis bank.

Bank Mandiri

Jika Anda ingin membuka buku rekening di bank Mandiri tanpa NPWP maka syaratnya adalah orang yang berusia di bawah 17 tahun, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Ada lagi penghasilan tidak kena pajak juga bisa tanpa NPWP. Namun, perlu pengisian surat pernyataan pada kantor cabang bank Mandiri. Sementara pelajar atau ibu rumah tangga bisa tanpa mengisi surat itu.

Cara untuk membuka buku rekening adalah dengan mengisi formulir data diri dan menyiapkan kartu identitas fotokopi. Apabila petugas bertanya perihal NPWP, Anda bisa menjawab tidak ada. Nantinya, buku tabungan beserta ATM akan diproses. Setelah itu, Anda harus menyerahkan setoran awal minimal sesuai dengan persyaratan.

Bank BRI

Salah satu produk untuk seseorang yang belum mempunyai NPWP adalah BRI Simpedes. Seseorang tanpa NPWP hanya perlu mengisi form berisi pernyataan tidak mempunyai NPWP. Selain itu, Anda hanya perlu menyiapkan KTP atau KITAS untuk WNI dan Paspor untuk WNA. Anda juga harus membayar setoran awal sebesar Rp 100.000.

Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang ingin membuka buku rekening jenis lainnya, seperti tabungan BritAma atau BritAma Muda. Calon nasabah yang tidak mempunyai NPWP akan mengisi form pernyataan. Syarat yang harus disediakan sama, tapi untuk setoran awal tentunya berbeda.

Bank BNI

Seseorang yang ingin membuka rekening tanpa NPWP bisa memilih produk tabungan BNI Taplus Muda atau BNI Taplus Anak. Produk tersebut ditujukan untuk seseorang yang belum memenuhi syarat dalam memiliki NPWP atau KTP. Akan tetapi, untuk membuat salah satu produk tersebut dibutuhkan persetujuan dari orang tua.

Seseorang yang mengisi formulir pengisian data rekening dan mencantumkan pilihan tidak ada NPWP pada kolom tersebut akan disetujui oleh customer service. Ini biasanya terjadi pada bank BNI Syariah yang merupakan bagian cabang.

Bank BCA

Bank BCA biasanya menjadi pilihan banyak masyarakat dalam membuka buku tabungan atau rekening. Bagi Anda yang tidak mempunyai NPWP, maka anda bisa buka rekening tanpa NPWP di BCA. Ada beberapa jenis rekening di mana syaratnya tidak membutuhkan NPWP, seperti TabunganKu BCA, SimPel BCA, LAKU BCA, dan Tahapan Xpresi BCA.

Namun, jika Anda ingin membuka jenis rekening lain di BCA tanpa NPWP caranya adalah membuat rekening tabungan di kantor cabang tertentu. Hal ini dikarenakan setiap cabang memiliki aturan yang berbeda meski sama-sama BCA. Jika tidak memungkinkan, maka cara lainnya adalah memastikan Anda tidak wajib pajak.

Itulah syarat dan cara mudah untuk buka rekening tanpa NPWP. Ada baiknya, Anda menentukan jenis buku rekening yang Anda buat pada bank yang diinginkan. Setiap bank pastinya memiliki produk yang bagus. Jadi, manakah bank dan jenis rekening yang ingin Anda buka?

 

Exit mobile version