Cara Daftar UKM Facebook Mudah dan Cepat! Begini Langkah-Langkahnya

Foto : beritadiy.pikiran-rakyat.com

Kabar baik datang dari Facebook untuk para pemilik usaha kecil menengah di Indonesia. Tawaran bantuan ini ditujukan kepada 400 UKM yang berlokasi di Indonesia, serta mengalami dampak langsung atas adanya pandemi Covid-19. Untuk para peserta UKM telah dinyatakan lolos akan mendapatkan dana bantuan sekitar Rp 31 juta. Bantuan tersebut dibagi menjadi dua, dalam bentuk uang tunai dan dalam bentuk teknis untuk menunjang mobilitas, seperti iklan online dan sejenisnya. Sejumlah Rp19,3 juta diberikan secara langsung, sedangkan sisanya Rp11,6 juta berbentuk kredit operasional.

Syarat Daftar Permohonan Bantuan UKM Facebook

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi jika Anda berniat mendaftarkan permohonan bantuan UKM melalui Facebook, di antaranya sebagai berikut.

1. UKM bisnis yang terdaftar.

2. Memiliki karyawan minimal 2 orang.

3. Usaha tersebut telah berjalan minimal selama satu tahun terakhir.

4. Merasakan dampak langsung atas musibah pandemi corona.

5. Beroperasi di sekitar wilayah yang terjangkau Facebook, yakni sekitar Jabodetabek saja (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Jika Anda sudah memiliki semua syarat yang ada, segera daftarkan UKM Anda karena pendaftaran diperpanjang hingga tanggal 6 November 2020.

Dokumen Daftar Permohonan Bantuan UKM Facebook

Agar Anda tetap bisa mendapatkan bantuan UKM dari Facebook, setidaknya Anda membutuhkan beberapa hal berikut ini.

Cara Daftar Permohonan Bantuan UKM Facebook

Juru bicara Facebook, Pieter, mengemukakan bahwa Facebook melihat fenomena Covid-19 sebagai salah satu hal yang menghambat laju ekonomi. Terutama di negara berkembang seperti Indonesia.

Facebook kemudian mencetuskan ide bantuan ini dengan dibantu tim dari Deloitte Consulting dan Goodera. Bersama tim yang terbentuk akan meninjau para pendaftar, menyeleksi UKM yang ada, kemudian mendistribusikan anggaran dana yang telah disiapkan pada mereka yang lolos seleksi.

Berikut ini akan dijabarkan cara daftar UKM Facebook agar lolos seleksi mendapatkan bantuan.

1. Masuk link https://idid.goodera.com/

2. Anda akan diminta mengisi email aktif dan password. Setelahnya, klik Daftar Sekarang.

3. Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi kuesioner keikutsertaan dan harus melengkapi formulir permohonan bantuan yang di-upload ke dalam website tersebut.

4. Jika sudah selesai, Anda bisa menunggu balasan tanggapan atas permohonan bantuan UKM Anda.

5. Jika dinyatakan lolos, Anda bisa mencairkan dananya di bank konvensional terdekat. Pastikan pula Anda membaca seluruh syarat dan ketentuan yang diberikan, serta kebijakan privasi atas program Dana Bantuan UKM Facebook tersebut.

Hal lain yang bisa didapatkan jika lolos menjadi salah satu Usaha Kecil Menengah yang lolos seleksi, Anda juga berhak bergabung di Boost with Facebook. Ini merupakan semacam wadah bagi para pengusaha kecil dan menengah yang bisa menjembatani konsultasi di lapangan dengan para pakar yang bergelut di bidangnya.
Dengan bergabung di dalamnya, Anda berkesempatan bisa mengakses semua bantuan baik berupa tips, fitur, pelatihan online gratis, dan lainnya. Hal ini digagas Facebook dengan tujuan agar pemilik UKM tetap terhubung dengan para pelanggannya.

Bantuan untuk Usaha Kecil Menengah ini dibombardir hingga 30 negara di dunia. Nilai bantuan yang diberikan berbeda-beda, tergantung kurs dollar yang sedang berlaku di negara yang bersangkutan. Nah, sudahkah UKM Anda memenuhi persyaratan yang diajukan dari Facebook tersebut?

Exit mobile version