Inilah Bacaan Maulid Nabi yang Bisa Anda Amalkan

Bacaan Maulid Nabi

Foto : umroh.com

Peringatan Maulid Nabi pada tahun 2020 jatuh pada hari Kamis 29 Oktober. Sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk lebih memperbanyak ibadah dan bershalawat dari pada melakukan hal-hal yang tiada bermanfaat. Maulid Nabi mempunyai makna sebuah momentum untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang bertepatan pada 12 Rabiul Awal 1440 bila dilihat dalam kalender hijriah.

Ada banyak amalan sunah yang bisa dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW di antaranya dengan memperbanyak membaca shalawat Nabi dalam keseharian anda. Shalawat Nabi merupakan bentuk jamak dari kata shalla yang bermakna doa. Menurut istilah, shalawat adalah bentuk panjatan doa serta pujian yang ditujukan untuk Nabi Muhammad sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Bershalawat adalah doa dan pujian untuk Nabi Muhammad SAW. Ulama tafsir, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa shalawat adalah pemberian rahmat dan kemuliaan. Maka sangat dianjurkan kepada umat Muslim lebih sering membaca shalawat di Bulan Maulid karena terdapat banyak manfaat yang sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. Bacaan shalawat bisa dibaca kapan saja atau setelah shalat lima waktu.

Ada beberapa macam bacaan shalawat saat acara maulid nabi yang diriwayatkan oleh para ulama. Berikut beberapa bacaan maulid nabi yang sering dibaca saat perayaan maulid.

Shalawat Nariyah

Bacaan shalawat nariyah dirumuskan oleh salah seorang syekh bernama Syekh Nariyah. Berikut bacaannya.

“Allahumma shallì shalaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu.”

“Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.”

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan.”

“Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

Shalawat Munjiyat

“Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati”

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.“

Shalawat Nuril Anwar

Bacaan shalawat nabi selanjutnya adalah shalawat Nuril Anwar, bacaan shalawat ini merupakan salah satu bacaan maulid nabi yang sering dibacakan saat acara memperingati maulid nabi. Berikut bacaannya:

Allahumma Shalli ‘Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari ‘Adada Ni’amillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya”

Itulah bererapa jenis bacaan shalawat saat maulid yang bisa dibaca saat perayaan maulid nabi. Namun, membaca shalawat tidak harus pada bulan maulid saja, lebih sering dan rutin membaca shalawat nabi akan mendapatkan manfaat dan pahala yang besar terutama saat bulan maulid. Dimana kita menghidupkan bulan kelahiran nabi dengan banyak mengingatnya.

Exit mobile version