Inilah Cara Cek Bansos 300 Ribu Dari Pemerintah

Cara Cek Bansos 300 Ribu

Foto : beritadiy.pikiran-rakyat.com

Cara Cek Bansos 300 Ribu dtks.kemensos.go.id


Program pemerintah bantuan sosial untuk masyarakat masih dilanjutkan sampai tahun 2021. Sesuai dengan keputusan presiden bahwa penyaluran bansos akan dimulai dari bulan Januari 2021. Bantuan sosial 300 ribu ini merupakan langkah awal bansos  yang disalurkan oleh menteri sosial yaitu Tri Rismaharini kepada masyarakat semenjak dirinya dilantik menjadi menteri sosial. Bantuan sosial ini diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar 300 ribu/ bulan yang akan disalurkan secara serentak pada 4 Januari 2021.

Rencananya, bantuan sosial kemensos tahun 2021 ini akan menargetkan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat di Wilayah Indonesia. Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan Bansos BST Kemensos kepada Keluarga yang telah memenuhi persyaratan, dan sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan BST Kemensos Rp 300 ribu tahun 2021. Pertama,  penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa. Kedua, termasuk keluarga yang kehilangan mata pencaharian di tengah Pandemi Covid-19. Ketiga, para penerima tidak boleh terdaftar sebagai penerima bansos lain seperti Program Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Prakerja,  Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial lainnya dari pemerintah pusat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang gagal mendapatkan bansos dari kemensos, sebagai contoh penerima sudah tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW sehingga harus menginformasikannya lagi  ke aparat desa, sudah memenuhi syarat namun tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sehingga harus membuat KTP terlebih dahulu untuk Mendapatkan bansos. Tetapi dengan syarat penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.

Jika anda sudah memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan namun masih belum menerima bansos. Anda bisa mengecek kembali melalui link dtks.kemensos.go.id. Dilansir dari kompas (01/21), Berikut ini Cara cek bansos 300 ribu dari pemerintah  : 

  1. Membuka link dtks.kemensos.go.id melalui website
  2. Pilih ID kepesertaan yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan NIK, ID DTKS atau Nomor PBI JK/KIS. Disarankan menggunakan NIK agar lebih mudah.
  3. Ketik nama Anda sesuai yang tertera di ID Kepesertaan yang Anda masukkan di awal 
  4. Masukkan kode huruf yang ada didalam kotak
  5. Jika tidak berhasil, maka klik kotaknya  kembali untuk mendapatkan kode baru
  6. Jika berhasil maka akan muncul pesan“ Sistem akan mencocokan ID dan Nama yang diketik adalah nama yang ada dalam database DTKS

Kartu identitas sangat diperlukan dalam melakukan cek bantuan sosial 300ribu dari kemensos, seperti pertama,  Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Kedua, Nomor identitas yang resmi terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau ID DTKS/BDT. Terakhir, Nomor PBI JK/KIS untuk keluarga yang termasuk dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) program Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Penerima Bansos yang sudah valid dan terdaftar  akan diberikan uang tunai sebesar Rp 300 ribu dalam 2 Cara. Pertama, melalui transfer ke rekening bank penerima (non tunai) dan Kedua, diambil langsung dalam bentuk uang melalui aparat desa, bank milik negara, atau di kantor pos terdekat (tunai).

Penerima bantuan sosial tunai 300 ribu tidak hanya untuk masyarakat yang terdaftar dalam DTKS. Namun, keluarga yang datanya tidak ada dalam https://dtks.kemensos.go.id/  juga bisa berkesempatan mendapat bantuan. dengan usulan daerah setempat. Pemerintah berharap Bansos 300 ribu ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mengembalikan tingkat produktivitas selama pandemi Covid-19.

 

Exit mobile version