Penting! Inilah Tips Belajar Online di Era Digital

Foto : kelaspintar.id

Di era digital, belajar secara online sudah menjadi alternatif jika tidak dapat melakukannya secara tatap muka. Hal ini menjadi tren bagi pelajar dan mahasiswa karena belajar menggunakan internet lebih mudah dan cepat. Berikut ini tips belajar online yang perlu Anda ketahui sebagai pelajar dan mahasiswa aktif.

1. Pilih Tempat yang Nyaman Untuk Belajar

Ketika Anda tidak dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah maupun kampus, maka sediakan tempat belajar di rumah. Cari sepasang meja dan kursi yang dapat digunakan sebagai standar tempat belajar yang sederhana. Pastikan tempat tersebut tidak bising dan mendapat cahaya yang cukup untuk belajar.

Anda juga bisa belajar di luar rumah, seperti cafe atau rumah teman. Cari cafe yang memberi kenyamanan dengan musik syahdu, minuman dan kudapan sebagai teman belajar, dan tidak terlalu ramai. Hal ini akan membantu Anda dalam mencari suasana baru untuk belajar. Dan jika Anda ingin belajar hanya di kamar, sebaiknya hindari kasur karena akan membawa efek mengantuk selama kegiatan belajar berlangsung.

2. Mengatur Waktu

Belajar di sekolah atau kampus pasti memiliki waktu yang telah terjadwal. Namun, kali ini Anda harus menentukan sendiri jadwal belajar di rumah. Mungkin awalnya jadwal tersebut terstruktur, tetapi seiring waktu Anda akan melanggar jadwal belajar Anda sendiri.

Dalam upaya Anda untuk mengatur waktu yang tepat, secara tidak langsung Anda sudah diajarkan untuk disiplin, tanggung jawab, konsisten, dan mandiri. Bagaimana cara mengatur waktu? Tentukan durasi belajarmu, bagi menjadi beberapa sesi seperti sesi untuk membaca, latihan soal, dan mengerjakan tugas. Lalu beri jeda beberapa menit untuk istirahat pada setiap pergantian sesi.

Penting untuk dicatat bahwa saat melakukan beristirahat, jangan pernah memegang ponsel untuk bermain media sosial atau bermain game. Gunakan untuk minum, menikmati cemilan atau bahkan merapikan ruang belajar anda untuk bersiap ke sesi berikutnya. Hal ini digunakan untuk tetap menjaga mood belajar hingga selesai.

3. Aktif Berkomunikasi Dengan Pengajar dan Rekan Belajar

Karena tidak melakukan obrolan tatap muka, maka Anda harus berkomunikasi secara online melalui aplikasi sosial di smartphone Anda. Dengan menjaga keaktifan berkomunikasi ini membuat Anda terus update mengenai materi belajar dan tugas yang diberikan pengajar. Anda harus mau bertanya pada guru atau dosen pengajar jika ada keterangan yang kurang jelas.

Pastikan Anda dapat menghubungi setidaknya satu teman untuk memastikan tugas dan materi yang diberikan benar. Anda juga dapat mengurangi kecemasan dan terhindar dari kebosanan yang terjadi saat belajar online.

4. Dibekali Koneksi Internet yang Mendukung

Saat belajar secara online, Anda tidak dapat mendengarkan penjelasan guru secara langsung dan terkadang hal itu terhalang oleh koneksi jaringan internet yang buruk. Oleh karena itu, koneksi internet sangatlah penting untuk memberikan resolusi layar video yang tinggi dan jelas.

Di samping itu, Anda dapat belajar melalui buku yang Anda miliki maupun e-book yang sekarang sudah tersebar luas di internet, pun dapat diakses dengan mudah. Jika kurang memadai, carilah materi secara acak di internet yang biasa dijelaskan melalui blog atau video penjelasan di youtube. Lalu simpan materi yang Anda dapatkan supaya tidak perlu khawatir tentang koneksi internet yang tidak stabil.

Tips-tips belajar itu dapat Anda terapkan selama tidak dapat menjalani kegiatan pembelajaran secara tatap muka. Teknik belajar online ini juga dapat Anda gunakan untuk belajar rutin di rumah. Selama belajar dengan proporsi yang cukup dan tidak melelahkan, Anda bisa mendapatkan ilmu dengan baik pula.

Exit mobile version