Penyebab Gagal Daftar Prakerja dan Tips Mengatasinya

Foto : rakyatntt.com

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 mulai dibuka, banyak masyarakat yang ingin mendaftar. Karena banyaknya pelamar yang ingin mendaftar program kartu prakerja, seleksi prakerja ini berlangsung secara ketat banyak syarat dan aturan untuk lolos sebagai penerima kartu prakerja. Pelamar yang lolos akan mendapatkan sms dan mengikuti langkah selanjutnya untuk intensif jika gagal maka harus mendaftar kembali.

Masyarakat yang ingin mendaftar tentu harus mewaspadai beberapa penyebab gagal daftar prakerja. adanya seleksi dan gelombang prakerja memiliki periode tertentu dan kuota. Pada saat anda melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk memperhatikan kuotanya dan jangan sampai ketinggalan ketika gelombang baru dibuka.

Peserta yang gagal di periode sebelumnya juga tidak perlu melakukan pendaftaran ulang dari awal lagi karena data sebelumnya sudah ada. Berikut ini ada beberapa penyebab gagal daftar prakerja yang perlu kalian ketahui :

1. Adanya ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK). Apabila mengalami kendala hal tersebut, bisa segera melaporkannya di call center dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor dukcapil terdekat.

2. Anda masuk daftar kelompok yang dilarang mendaftar kartu prakerja. Maksud dari daftar kelompok yang dilarang mendaftar seperti pejabat negara TNI, anggota kepolisian, kepala dan perangkat desa direksi, komisaris dan dewan pengawas pada BUMN atau BUMD. Hal ini sesuai dengan permenko nomor 11 tahun 2020 tentang tujuh kelompok yang tidak dapat menerima kartu prakerja.

3. Pertimbangan Pendaftar terdampak pandemi Covid-19 atau tidak.Tujuan program kartu prakerja ini salah satunya juga membantu masyarakat yang terdampak dalam masa pandemi hal ini diharapkan akan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

4. Pendaftar Kartu prakerja juga bukan sebagai peserta penerima atau sedang mendaftar bantuan sosial (bansos) dari Kementerian sosial (Kemensos) maupun bantuan upah gaji dari kementerian ketenagakerjaan (kemenaker) .

Semenjak pandemi covid-19, pembagian kartu prakerja semuanya hanya difokuskan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia malah berubah menjadi semi bansos. Padahal pemerintah berharap besar dengan adanya bantuan ini makin banyak masyarakat yang berinovasi dan membuat usaha. Jika pendaftar masih gagal juga padahal sudah sesuai dengan syarat yang berlaku dan tidak melanggar aturan di atas makan disarankan untuk mendaftar kembali pada gelombang berikutnya.

Dilansir dari Kompas (26/9), bahwa Hengki Sihombing selaku Direksi Operasi Kartu Prakerja mengatakan bahwa Program Prakerja ini hanya dapat satu kali buat satu peserta, kalau sudah dapat tahun depan tidak dapat lagi, jadi jika ada peserta yang masih gagal untuk mendaftar bisa coba lagi di batch 10.

Berikut ini tips bagaimana cara mendaftar kartu prakerja, langkah pertama anda bisa membuka Laman Prakerja.go.id, kemudian Login masuk ke akun yang telah dibuat, Klik tulisan daftar Kartu Prakerja, Isi Formulir Pendaftaran dan perhatikan syarat serta aturan yang berlaku, Jika sudah Kemudian Klik Selanjutnya dan Melakukan dan mengikuti tes kemampuan dasar. Setelah selesai, Klik tombol “selesai’ pada layar.

Sesudah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir serta mengisi tes dasar, Pemohon akan menerima sebuah notifikasi berikutnya di akun mereka masing-masing. Perhatikan setiap langkah yang sudah tertera diatas. Jangan sampai salah memasukkan data pada saat pengisian formulir dan pastikan juga anda sudah memenuhi syarat dan mematuhi aturan yang telah dibuat dengan begitu anda bisa lolos menjadi penerima kartu prakerja.

Exit mobile version