Simulasi Kredit Mobil Bekas Mudah Di Oto Finance

Foto : www.wewantyourwheels.com.au

Zaman sekarang, mempunyai mobil bukan hal yang sulit lagi. Bukan hanya orang kaya saja yang bisa mempunyai mobil. Orang dengan penghasilan rata-rata juga bisa memiliki mobil, namun caranya yang berbeda dan umumnya mereka mendapatkan mobil dengan cara kredit. Ini merupakan salah satu cara yang umum digunakan oleh masyarakat terutama oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini simulasi kredit mobil bekas mudah di Oto Finance.

Kredit Mobil Itu Apa?

Kredit mobil merupakan layanan yang diberikan oleh lembaga keuangan dengan tujuan mempermudah mereka yang berkeinginan memiliki mobil dengan cara yang mudah serta cepat. Memakai proses pembayaran mobil bisa nanti menggunakan cara cicilan dan dibayar per bulan sampai batas waktu yang sudah disepakati kedua belah pihak. Memakai besaran yang telah ditentukan di awal dan tentunya menggunakan syarat serta ketentuan yang wajib ditaati. 

Contoh Jenis Mobil Yang Dapat Di Kredit

Jenis mobil apa pun dapat di beli secara kredit. Berbagai merek mobil yang bisa di kredit mulai, Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, Wuling, BMW, Mazda, Isuzu, DFSK, KIA, hingga Peugeot. Dengan stimulasi kredit sebagai berikut, misalnya untuk Harga Toyota Kijang Innova 2020 mulai dari Rp 359,15 Juta hingga Rp 412 Juta, beserta harga OTR,  Berikut ini stimulasinya :

G M/T Gasoline                                               | Rp 337,6 Juta (OTR)
DP (mulai dari) Rp 50,49 Juta
Angsuran Rp 17 Juta
Tenor 11 bulan

Persyaratan Kredit Mobil

Sebelum melakukan kredit mobil ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan dan ini umumnya diserahkan di awal yaitu saat anda mengajukan kredit. Syarat umumnya adalah :

1. Warga Negara Indonesia, (mempunyai identitas tinggal dan alamatnya asli di Indonesia). 

2. Usia minimal 21 tahun, maksimal usia 55 tahun ketika cicilan usai. 

3. Mempunyai penghasilan yang tetap. Biasanya penghasilan ini dijadikan salah satu acuan untuk boleh tidaknya seseorang mengajukan kredit. Sebab, perusahaan kredit juga tidak akan mau mengambil risiko terlalu besar, ketika kreditor tidak mempunyai pekerjaan yang tetap. 

Persyaratan Dokumen Kredit Mobil

Berikut ini beberapa dokumen yang harus dipersiapkan dalam kredit mobil adalah :

  1. Fotokopi KTP atau kartu identitas
  2. Menyerahkan bukti penghasilan, namun ini tidak berlaku untuk wirausaha. 
  3. Rekening tabungan dari tiga bulan terakhir bagi wirausaha. 
  4. Fotokopi surat izin profesi bagi kalangan yang profesional. 
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP.
  6. Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP)/ Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)/akta pendirian perusahaan bagi wirausaha.

Berapa Besaran Uang Muka Kredit Mobil 

Umumnya ikut ketentuan Bank Indonesia, Down Payment atau DP ini paling minim antara 20 sampai 15 persen dari harga mobil baik baru atau bekas. Ada catatan, ini tidak masuk pada biaya administrasi dan lainnya. 

Suku Bunga Pada Kredit Mobil

Umumnya masyarakat yang akan melakukan kredit mobil, ingin mengetahui secara detail tentang suku bunga yang diterapkan pada kredit mobil, yaitu :

1. Suku bunga tetap

Bunga tetap sampai jangka waktu yang sudah ditetapkan, seperti, kalau mengambil dengan tenor 5 tahun, maka besaran dari suku bunga beda dalam dua tahun pertama, dengan tiga tahun terakhir. 

2. Suku bunga flat.

Umumnya dipakai lembaga pembiayaan guna kredit mobil dengan besaran dari suku bunga sama dari awal sampai akhir. 

3. Floating atau bunga mengambang

Ketika debitur memutuskan tenor pelunasan dengan panjang, umumnya sistem inilah yang diterapkan dengan besaran bunga menyesuaikan naik-turunnya bunga yang ada dipasar. 

 

Exit mobile version