Tata Cara dan Niat Puasa Asyura

Tata Cara dan Niat Puasa Asyura

Penghujung bulan dzulhijjah merupakan pengingat alarm bagi kita bahwa akan datangnya tahun baru islam bulan muharram 1442 Hijriah. Selain bulan Dzulhijjah ada juga bulan Muharram yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Moment salah satunya ketika bulan Muharram adalah memperingati tahun baru islam dan menjalankan Puasa sunnah Tasu’a dan Puasa Asyura.

Siapa yang tidak mengenal Puasa Asyura ? Puasa Asyura adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram atau 29 agustus 2020. Pada saat malam tahun baru islam, Umat muslim disunahkan untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun. Kemudian ketika memasuki hari ke 9 dan ke 10 bulan muharram akan disunnahkan melakukan puasa Asyura tersebut. Berikut adalah niat puasa asyura :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillahi ta’aalla”

Artinya : “ Aku niat berpuasa sunnah asyura karena allah ta’ala.

Dalam melaksanakan puasa asyura ini tentunya banyak manfaat dan keutamaannya. Banyak orang akan melakukan puasa sunnah ini karena puasa ini hanya setahun sekali bukan. Jadi usahakan kita bisa melakukan puasa sunnah asyura. Dilansir dari liputan6.com Simak beberapa keutamaan puasa asyura yang bisa membuat kalian makin semangat menjalani puasa asyura :

1.  Puasa yang diutamakan dan dimuliakan nabi

Puasa Asyura sudah termasuk puasa yang istimewa bagi Rasulullah dan sangat diutamakan beliau. Pada hadist Ibnu Abbas menjelaskan tidak ada puasa sunnah yang lebih diutamakan Rasulullah melebihi puasa asyura. Selain itu ada hadits dari Ibnu Abbas Radhiyaallahu anhu yang berkata saya tidak pernah melihat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam memperhatikan puasa satu hari yang diutamakannya atas yang lainnya selain hari ini, hari asyura dan bulan ramadhan.

2.  Puasa yang Paling Utama

Selain Menjadi puasa yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW. Puasa asyura juga menjadi puasa sunnah yang paling utama setelah puasa ramadhan. Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bahkan menerangkan keutamaan puasa muharram yaitu “ Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharam dan shalat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam”.

3.  Puasa yang menghapus dosa setahun

Keutamaan puasa asyura yang satu ini tentu paling banyak diketahui oleh umat muslim. Biasanya mereka berpuasa asyura mengidam-idamkan satu keutamaan ini. Memang benar, Puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun sebelumnya, ini tertulis dalam sabda Rasulullah bahwa ketika Rasulullah ditanya tentang Puasa Asyura, Rasulullah menjawab dapat menghapus dosa setahun sebelumnya.

Dilansir dari inibaru.id Puasa Asyura yang terjadi pada tanggal 10 muharram yaitu waktu yang istimewa. Pada tanggal 10 muharram memiliki banyak keajaiban dan kejadian yang sangat luar biasa. Salah satunya seperti taubatnya Nabi Adam AS, Selamatnya nabi Nuh dari banjir bandang, dibebaskannya Nabi Yusuf dari penjara dan masih banyak lagi keajaiban pada tanggal 10 muharram ini.

Dikutip dari inibaru.id juga bahkan ketika tanggal 9 muharram Rasulullah memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa juga pada tanggal 9 muharram agar ibadah yang dilakukan berbeda dengan kaum yahudi yang berpuasa satu hari. Maka Puasa pada 9 muharram tersebut dinamakan Puasa Tasu’a. Sehingga sampai sekarang berpuasa tanggal 9 dan 10 muharram menjadi satu paket. Jadi masih mau melewatkan puasa Asyura? Sungguh kalian akan merugi.

Exit mobile version