Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Nomor 7 Paling Penting !

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Gambar : Pixabay

Proses penting dalam mendapatkan pekerjaan adalah wawancara kerja. Mulai dari pakaian, apa yang harus dikatakan dan tidak sangat mempengaruhi penilaian. Berikut adalah beberapa tips menghadapi wawancara kerja yang bisa Anda coba. Siapkan wawancara dengan optimal.

1. Lebih Awal

Beri kesan profesional dengan berusaha untuk datang bukan tepat waktu namun lebih awal. Ada banyak hal yang perlu disiapkan yang akan sangat berguna bila memiliki cukup waktu sebelum interview dilakukan. Mencari alamat, menemukan ruangan sampai merapikan pakaian dan kesiapan mental.

2. Penampilan Rapi

Periksa apakah ada persyaratan khusus mengenai cara berbusana. Bila tidak pilih pakaian kerja yang cocok layaknya Anda sudah diterima. Siapkan baju cadangan untuk berjaga-jaga ada kecelakaan yang mengotori pakaian seperti terjatuh, cipratan kopi dan lain sebagainya.

3. Informasi

Alasan melamar sebuah pekerjaan bukan hanya posisinya namun juga karena perusahaannya. Cari tahu tentang perusahaan yang akan mewawancarai Anda. Baik dari situs resmi atau membeli produk yang ditawarkannya. Dengan demikian Anda memiliki data dan informasi yang bisa dipakai pada wawancara.

4. Jabat Tangan

Tips menghadapi wawancara kerja yang sering dilupakan adalah kesan pertama sangatlah penting. Saat bertemu dengan pewawancara ulurkan tangan, tatap matanya dan senyumlah. Sebutkan nama dan beri respon untuk perkataannya. Gerak tubuh sederhana tersebut sangat mempengaruhi penilaian sepanjang wawancara.

5. Singkat dan Jelas

Selain bersikap profesional jawaban dan perkataan Anda pun harus sesuai. Berikan jawaban dari tiap pertanyaan dengan lugas dan tepat sasaran. Hindari berbicara dengan kaku dan grogi. Fokuskan pada satu jawaban dan tegas dalam mengatakannya.

6. Komunikatif

Ciptakan suasana wawancara yang menyenangkan. Bukan hanya terpaku menjawab pertanyaan, Anda pun dapat bertanya balik pada pihak yang melakukan wawancara. Buat komentar yang masih berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya. Berbagi pengetahuan yang menonjolkan kemampuan dan pengalaman Anda bisa jadi nilai plus untuk wawancara Anda.

7.  Rendah Hati

Wawancara membutuhkan rasa percaya diri dan dapat menjual kemampuan tersebut saat interview. Namun pewawancara juga perlu menjaga rasa rendah diri. Akui peranan orang lain yang membentuk diri Anda menjadi orang yang sekarang ini. Hal tersebut akan membuat sebagai team player yang baik.

8. Hindari Hal Negatif

Pengalaman kerja bisa jadi poin bagus dalam resume. Namun hindari mengatakan hal buruk tentang tempat lain dimana Anda bekerja. Baik atau buruk pengalaman sebelumnya telah menjadi input berharga dalam karier. Tonjolkan peranan Anda dan tanggung jawab yang sebelumnya Anda lakukan. Giring percakapan ke arah positif dan konstruktif.

9. Hindari Gerakan Tidak Perlu

Gerak tubuh dapat mengisyaratkan Anda sedang nervous. Perhatikan untuk tidak terlalu banyak melakukan gerakan tangan saat berbicara atau terlalu sering merubah posisi duduk. Walaupun Anda sangat khawatir jangan tunjukkan hal tersebut.

10. Fleksibel

Tiap orang memiliki gambaran ideal mengenai pekerjaan impiannya. Walaupun demikian sangat penting untuk bersikap realistis dan fleksibel dengan segala situasi. Sesuaikan ekspektasi tugas, gaji dan tanggung jawab dengan perusahaan yang dilamar. Pihak pewawancara akan sangat menghargainya.

11. Minat dan Semangat

Orang yang antusias sangat mudah dilihat baik dari gerak tubuh dan penggunaan bahasanya. Berikan kesan Anda siap bekerja secepatnya dan tidak dapat menunggu untuk menjadi bagian dari perusahaan. Tinggalkan kesan mendalam bagi pewawancara agar mudah mengingat Anda.

Itulah beberapa tips menghadapi wawancara kerja yang bisa Anda ikuti. Tunjukkan sikap yang positif dan kesan profesionalisme. Selalu ingat untuk tetap bersikap jujur dan jadilah diri sendiri. Maka wawancara akan berjalan mudah dan lancar. Semoga Sukses!

Exit mobile version