Token Listrik Stimulus WhatsApp

Token Listrik Stimulus WhatsApp

Ilustrasi (IG PLN)

Token listrik gratis merupakan salah satu fasilitas yang berhak diperoleh warga negara Indonesia akibat adanya dampak dari pandemi COVID-19 ini. Pemberian token listrik stimulus WhatsApp ini dianggap memudahkan masyarakat. Di samping itu pemberian token listrik dari WhatsApp ini membuat beban biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat menjadi berkurang .

Dikutip dari Kompas vice president relationship PLN, Ardiansyah, menyatakan bahwa token listrik gratis dan potongan sebesar 59 persen untuk bulan Agustus sudah bisa dikirim. Cara untuk mengklaim subsidi token listrik ini bisa melalui stimulus PLN maupun WhatsApp. Berikut adalah ulasan mengenai pengambilan token listrik melalui stimulus WhatsApp.

Syarat Pengambilan Token Listrik Gratis

Token listrik gratis berlaku untuk pelanggan 450 VA, baik prabayar maupun pascabayar. Keuda jenis token listrik ini memerlukan mekanisme pengambilan token listrik gratis yang berbeda. Bagi pelanggan pascabayar 450 VA token listrik gratis ini berupa pembebasan biaya pembayaran listrik selama bulan Agustus.

Pelanggan prabayar 450 VA harus mengirimkan pesan ke nomor stimulus WhatsApp yang sudah ditentukan oleh pihak PLN. Nomor WhatsApp tersebut adalah 08122-123-123 untuk bisa mendapatkan token listrik gratis. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dicoba selagi smartphone Anda terkoneksi dengan internet.

Pengguna listrik atau pelanggan PLN yang tinggal di daerah terpencil bisa mendapatkan token listrik gratis dengan cara yang lain. Pelanggan bisa mencatatkan nomor ID pelanggan ke kantor kepala desa. Selanjutnya pihak kelurahan bisa menyerahkan data mengenai nomor ID pelanggan ke kantor PLN terdekat.

Cara lainnya adalah dengan menghubungi call center, yaitu PLN 123. Kemudian bisa meminta untuk disambungkan kepada bagian pelayanan pelanggan untuk mendapatkan pengarahan. Pelanggan akan diarahkan untuk bisa mendapatkan gratis biaya pembayaran atau potongan token listrik sebesar 50 persen.

Langkah terakhir yang memungkinkan dilakukan oleh pelanggan jika upaya sebelumnya tidak membuahkan hasil adalah mendatangi langsung kantor PLN. Pelanggan bisa membawa nomor ID dan menanyakan ulang mengenai cara untuk bisa mendapatkan token listrik gratis. Pelanggan bisa meminta pihak PLN untuk mengupayakan agar bisa mendapatkan token listrik gratis.

Cara Untuk Mendapatkan Token Listrik Gratis

Terdapat dua cara yang bisa dicoba pelanggan untuk bisa mendapatkan token listrik gratis maupun diskon pembayaran sebesar 50 persen. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi nomor WhatsApp khusus yang telah disediakan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara untuk mendapatkan token listrik gratis maupun diskon 50 persen melalui WhatsApp.

  1.       Membuka Aplikasi WhatsApp
  2.       Mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp 08122-123-123. Pesan yang dikirim adalah berupa nomor ID pelanggan.
  3.   Selanjutnya pelanggan akan menerima balasan otomatis dari PLN. Ikuti petunjuk yang ada, yaitu dengan mengetik angka 1 Untuk informasi listrik gratis maupun diskon pembayaran. Klik angka 2 untuk mendapatkan informasi seputar membaca meter pemakaian listrik pascabayar.
  4. Apabila Anda sudah klik angka 1, selanjutnya secara otomatis akan mendapat balasan mengenai instruksi untuk memasukkan nomor ID pelanggan. Anda harus memasukkan nomor ID pelanggan untuk bisa mendapatkan instruksi selanjutnya.
  5. Setelah instruksi di atas sudah selesai dilakukan, umumnya akan langsung mendapatkan token listrik gratis.

Subsidi berupa token listrik gratis ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran masyarakat. Bantuan berupa token listrik gratis dan potongan biaya pembayaran sebesar 50 persen diberikan karena pemerintah menyadari bahwa konsumsi listrik masyarakat di setiap harinya cukup tinggi.

Exit mobile version