Waspada Diabetes, Inilah 10 Buah Untuk Menurunkan Gula Darah

Buah Untuk Menurunkan Gula Darah

Foto : befren.com

Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat sangat penting . Makanan Penurun gula darah perlu dikenali terutama bagi para penderita masalah kesehatan kadar gula darah, Diabetes, dan Prediabetes. Faktor-faktor dari dalam tubuh juga harus dihindari oleh penderita diabetes seperti berat badan, stress, aktivitas dan mengikuti diet.

Selain itu ada beberapa makanan yang tinggi akan gula tambahan dan karbohidrat olahan yang baik untuk berkontribusi pada fluktuasi gula darah dan mengoptimalkan kontrol gula darah. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan mengatur pola makan yang sehat dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini 10 buah untuk menurunkan gula darah :

Apel

Buah Apel sangat baik untuk menurunkan gula darah karena mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan seperti quercetin, asam klorogenat dan asam galat. Kandungan tersebut melindungi diri dari diabetes. Bahkan studi menyatakan lebih dari 187.000 orang yang suka mengkonsumsi asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi seperti apel,anggur dan blueberry dengan resiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah secara signifikan.

Jeruk

Banyak orang salah paham tentang buah jeruk manis dapat mengakibatkan diabetes. Dalam penelitian menyatakan bahwa Justru buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena buah jeruk dianggap buah glikemik rendah yang tidak mempengaruhi gula darah.

Dilansir dari Health Kompas (9/12), manfaat apabila anda mengkonsumsi buah jeruk adalah dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mampu mengurangi HbA1c serta bermanfaat untuk melindungi serta mencegah perkembangan diabetes.

Beri

Buah beri sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan gula darah. Buah beri mengandung serat,vitamin, mineral dan antioksidan. Sehingga buah beri menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Alpukat

Buah alpukat banyak menawarkan manfaat yang luar biasa untuk menurunkan gula darah. Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehat,serat,vitamin dan mineral sehingga dapat mengontrol atau menurunkan kadar gula darah dan melindungi diri dari perkembangan sindrom metabolik.

Okra

Okra merupakan buah yang biasa digunakan seperti sayuran. Buah ini sangat bagus untuk mengontrol gula darah karena mengandung senyawa polisakarida dan antioksidan flavonoid. Selain itu, okra mengandung flavonoid isoquercitrin dan quercetin 3-0-gentiobioside yang dapat mengurangi gula darah dengan menghambat enzim tertentu.

Kiwi

Buah satu ini sangat wajib dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan serat, air dan nilai indeks glikemik yang rendah dalam Buah Kiwi mampu memperlambat laju penyerapan glukosa yang berasal dari makanan lain. Selain itu kiwi sangat cocok untuk menu diet penurunan berat badan.

Mangga

Mangga termasuk salah satu buah yang tumbuh dengan subur di Indonesia. Buah yang mempunyai daging berwarna kuning yang mengandung vitamin A serta vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pasien diabetes. Mangga juga merupakan buah yang mengandung Mangiferin, berkhasiat untuk mengurangi kadar gula pada tubuh.

Stroberi

Stroberi mengandung senyawa fisetin yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu menurunkan resiko pembengkakan ginjal. Senyawa aktif yang terdapat di stroberi juga bermanfaat mengurangi resiko kompikasi retinopati diabetic dan gangguan saraf lainnya untuk penderita diabetes.

Pir

Buah pir ini sangat cocok untuk orang yang memiliki penyakit gula rendah karena memiliki indeks glikemik hanya 38. Selain memiliki Indeks glikemik yang rendah, Buah pir sangat baik untuk diabetes karena mengandung nutrisi yang penting. Kandungan Flavonoid dapat mencegah serta mengobati diabetes.

Ceri

Buah ceri kaya akan kandungan kalium dan antioksidan. Kedua kandungan ini sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu ceri mengandung polifenol dan vitamin C untuk mencegah peradangan dan mengurangi stress oksidatif yang dapat memicu komplikasi diabetes.

 

Exit mobile version