10 Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok

10 Tips Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Kita tahu bahwa merokok itu merugikan. Dilihat dari segi kesehatan bahkan segi ekonomi pun sangat merugikan. Bagaimana tidak ? Dari segi kesehatan merokok dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya seperti kanker,asma bahkan jantung selain itu merokok juga dapat mempengaruhi dari segi ekonomi, ketika kalian mulai kecanduan merokok maka akan terus menerus membelinya tanpa henti.

Bahkan ketika tidak ada uang pun harus tetap membelinya sampai harus mencuri dan lainnya karena sudah terkena efek kecanduan. Ya merokok mengakibatkan efek kecanduan pada diri manusia. Biasanya laki-laki yang sudah terbiasa merokok akan merasa mulutnya pahit jika tidak merokok. Ini dikarenakan didalam rokok terdapat zat nikotin yang menimbulkan efek kecanduan. Berikut kita akan membahas 7 tips ampuh untuk berhenti merokok dilansir dari alodokter.com :

1. Menjauhi Pemicu Merokok

Ini menjadi cara yang ampuh untuk berhenti merokok. Menjauhi pemicunya seperti berkumpul sesama teman yang perokok, minum kopi atau minum minuman keras. Namun, kalau kamu sudah terbiasa merokok setelah makan maka bisa penggantinya dengan mengunyah permen karet atau menggosok gigi. Cara ini sering dilakukan dan berhasil di beberapa orang.

2. Melakukan Akupuntur

Penggunaan akupuntur sebagai cara berhenti merokok biasa diterapkan di bagian telinga. Salah satu terapi alternatif ini memang belum terbukti secara ilmiah namun tetap bisa anda coba untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Tetap ingat untuk melakukanya dengan terapis yang berlisensi.

3. Sering Berolahraga

Aktivitas berolahraga dapat membantu mengurangi dan secara tidak langsung mengalihkan hasrat akan nikotin. Jika teringat dan ingin merokok, coba langsung kenakan sepatu olahraga dan mulailah melakukan aktivitas berolahraga seperti lari,sekedar jalan kaki atau berenang. Jika mempunyai budget lebih bisa bergabung ke dalam klub kebugaran.

4. Menjaga Pola Hidup Sehat

Tips ini merupakan penting untuk berhenti merokok, dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat. Seseorang yang sudah terbiasa merokok akan mempunyai nafsu makan yang rendah akibat dari nikotin dan rokok terhadap indera perasa. Ketika merokok, coba saja menjalani pola hidup sehat agar memberi nutrisi tubuh dan menjadi pengingat dalam menjalani gaya hidup sehat.

5. Melakukan Terapi

Tips ini jarang diketahui oleh beberapa orang yaitu dengan melakukan Terapi Perilaku. Terapi Perilaku adalah bentuk dari konseling yang membantu kita untuk bisa fokus berhenti dari kebiasaan merokok. Biasanya terapi ini dilakukan dengan berbicara dengan konselor dalam sesi psikoterapi, namun bisa juga dalam sesi per kelompok. Disarankan dalam melakukan terapi ini dipadukan dengan terapi penggantian nikotin atau obat obatan ini bertujuan untuk memaksimalkan keberhasilan berhenti merokok.

6. Memikirkan Keuntungan dari Tidak Merokok

Bentuklah pola pikir kalian bahwa merokok sangat merugikan. Bayangkan dengan tanpa merokok kita bisa memiliki tubuh yang sehat karena berhenti merokok membuat tekanan darah menurun dan tidak meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke dan kanker. Selain itu uang yang biasanya digunakan untuk merokok bisa dipakai menabung. Kemudian dapat memiliki kulit yang lebih cerah dan bersih Dan yang paling utama adalah keluarga anda menjadi terhindar dari asap rokok yang bisa menyebabkan perokok pasif.

7. Meminum Obat obatan

Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka bisa menempuh dengan cara medis. Dengan cara medis, biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi hasrat untuk merokok dengan cara mempengaruhi lewat proses kimia di otak sehingga kita menjadi tidak ingin merokok lagi. Selain itu ada juga obat yang dapat membantu meredakan efek kecanduan nikotin seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

Exit mobile version