5 Tips Cegah Obesitas Paling Ampuh di Masa Covid-19

Foto : doktersehat.com

Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa berdampak fatal bagi kondisi tubuh. Problem kegemukan ini harus dicegah atau dihindari agar bisa terhindar dari risiko penyakit serius. Beberapa penyakit yang bisa dipicu oleh kondisi tubuh yang obesitas seperti diabetes, serangan jantung, hingga stroke dan kanker. Untuk itulah, sangat penting bagi siapapun mencegah faktor risiko dari masalah yang satu ini.

Kegemukan adalah problem dimana kondisi atau persentase lemak di dalam tubuh berada dalam kondisi tidak normal atau terlalu tinggi. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab obesitas dan berkaitan dengan pola hidup seseorang. Diantaranya, kurang tidur, pola makan tak seimbang, tidak banyak aktivitas fisik, stres dan faktor lainnya.

Manfaat Menghindari Obesitas

Obesitas merupakan masalah kondisi tubuh yang sebaiknya dihindari. Bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa cara hidup sehat dan seimbang untuk kebutuhan nutrisi. Penyebab obesitas yang paling banyak adalah karena gaya hidup seseorang. Untuk itulah, penting menghilangkan kebiasaan yang demikian agar risiko kegemukan atau obesitas tidak dialami.

Nah, berikut ini ada 5 tips cegah obesitas untuk anda yang ingin mengurangi faktor risiko munculnya berbagai penyakit karena kegemukan. Ayo simak!

1. Olahraga Rutin

Berolahraga secara rutin merupakan langkah paling utama untuk bisa menghindari obesitas. Olahraga yang bisa dipilih juga tidak harus jenis olahraga berat. Bagi anda yang ingin menghindari kegemukan, bisa dengan cara bersepeda, berlari, jogging, yoga, atau memilih renang sebagai olahraga paling praktis.

2. Banyak Bergerak

Masa pandemi seperti saat ini memaksa kita untuk diam di rumah karena anjuran Work From Home yang diterapkan di Indonesia. Untuk hal ini, sebaiknya tidak hanya dilakukan dengan berdiam diri saja. Pilih kegiatan yang bisa membuat anda tetap bergerak atau beraktivitas ringan seperti menyalurkan hobi dengan berkebun atau berkreasi lainnya.

3. Takar Gizi Seimbang

Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat saja, menakar input-output juga penting bagi keseimbangan kebutuhan gizi. Perhatikan takaran gizi yang dibutuhkan dan harus dikeluarkan oleh tubuh. Apalagi di masa WFH seperti saat ini. Takaran tersebut bisa membantu seseorang untuk mendapatkan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan setiap harinya.

4. Kelola Stres

Mengelola stress ternyata berkaitan juga dengan faktor penyebab obesitas. Ya, setiap orang yang bisa mengelola stress dengan baik, terjamin akan menerapkan beberapa hal seperti istirahat cukup, konsumsi makanan teratur, tidak banyak mengkonsumsi makanan atau cemilan tidak sehat, serta kebiasaan lain yang bisa menyebabkan kegemukan.

5. Terapkan Pola Hidup Sehat

Inilah cara yang harus dilakukan dan berkaitan dengan cara menghindari obesitas. Menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok, minum alkohol, atau begadang terlalu malam. Beberapa gaya hidup lainnya yang juga mempengaruhi pola makan adalah konsumsi makanan dan minuman cepat saji.

Beberapa jenis makanan cepat saji yang dijual mengandung banyak natrium. Natrium merupakan kandungan yang bisa memicu kegemukan serta berpotensi menyebabkan hipertensi. Penelitian di Amerika membuktikan bahwa tekanan darah yang meningkat memiliki keterkaitan dengan kondisi psikis dan penyebab stres. Stres adalah faktor yang bisa membuat seseorang lupa menerapkan pola hidup sehat.

Dilansir dari  Okezone (29/9), Itulah 5 tips untuk mencegah obesitas yang paling ampuh. Kelima tips tersebut digunakan untuk menghindari risiko penyakit, terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Dengan menerapkan tips diatas, seseorang bisa terhindar dari risiko komplikasi penyakit, termasuk juga serangan virus yang dimulai dari kondisi tidak sehat.

 

Exit mobile version