6 Cara Menurunkan Diabetes Paling Efektif

Cara Menurunkan Diabetes Paling Efektif

(Gambar : Yale.edu)

Penderita diabetes seringkali menginginkan cara efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Beberapa langkah efektif diperlukan agar penderita terbebas dari ketergantungan obat-obatan yang pasti mengandung risiko efek samping ketika dikonsumsi. Oleh karena itu, beberapa cara menurunkan diabetes bisa berasal dari bahan alami dengan khasiat untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

Penderita diabetes bisa mengamati gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mengerikan ini. beberapa gejala terlihat seperti kondisi penurunan kesehatan biasa, namun ada gejala yang menunjukkan penyakit diabetes ada dalam tubuh seseorang. Untuk lebih jelas terkait cara menurunkan penyakit diabetes dan gejalanya, simak ulasan berikut ini!

Ciri Diabetes yang Perlu Diketahui

Diabetes merupakan satu diantara penyakit berbahaya yang menyerang manusia. Penyebab untuk penyakit diabetes adalah tingginya kadar gula dalam darah yang ditandai dengan gejala tertentu. Seperti beberapa tanda berikut ini yang diyakini sebagai ciri penderita diabetes:

· Penurunan berat badan

· Pandangan kabur

· Mudah lelah

· Mudah mengantuk pagi hari

·  Kencing berlebihan

·  Sering haus

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Seringnya menyebabkan kematian pada manusia membuat penyakit diabetes ini juga dinilai kronis dan sebaiknya mendapatkan penanganan. Dilansir dari merdeka, inilah cara untuk menurunkan diabetes yang bisa dipraktikkan dalam keseharian penderita diabetes. Ayo simak!

1. Batasi Asupan Gula

Cobalah membatasi asupan gula yang dikonsumsi. Cara ini memang termasuk sulit, terutama bagi anda yang gemar dengan makanan manis. Namun, jika dilakukan secara konsisten, membatasi asupan gula dalam tubuh akan membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Kesembuhan penderita diabetes juga bisa lekas terwujud.

2. Berolahraga

Berolahraga secara rutin juga merupakan langkah terbaik untuk penderita diabetes. Olahraga bisa membantu menurunkan glukosa dalam tubuh penderita diabetes. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur bisa membantu tubuh untuk memanfaatkan gula yang ada dalam darah, sehingga bisa masuk ke dalam sel tubuh.

3. Meningkatkan Konsumsi Ikan

Ikan tidak mengandung karbohidrat, selain itu kandungan gula juga tidak ditemukan dalam ikan jenis apapun. Konsumsi ikan bisa membuat kadar protein yang masuk ke dalam tubuh meningkat. Ini artinya, penderita diabetes bisa juga meningkatkan konsumsi ikan untuk menurunkan kadar gula darahnya.

4. Kurangi Makanan Fast Food

Makanan cepat saji atau yang dikenal dengan istilah FastFood memang praktis ketika dikonsumsi. Akan tetapi, ternyata jenis makanan yang seperti ini justru tidak disarankan bagi penderita diabetes. Makanan cepat saji menyebabkan peningkatan gula darah yang cukup signifikan, sehingga harus dikurangi bila ingin menurunkan diabetes.

5. Kontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan asupan penting bagi tubuh manusia. Sebagai penghasil energi yang paling utama, karbohidrat wajib dikonsumsi setiap harinya. Akan tetapi, bila anda termasuk penderita diabetes maka konsumsi karbohidrat harus dikurangi. Mengontrol asupan karbohidrat adalah cara efektif menurunkan kadar gula darah.

6.  Beristirahat Cukup

Ada satu hal yang tidak kalah penting bagi penderita diabetes yakni mencukupi kebutuhan istirahat. Kadar gula dalam darah tidak akan naik signifikan apabila penderita diabetes bisa mengontrol waktu beristirahat. Kebiasaan yang tidak disarankan seperti begadang atau tidur larut malam sering membuat penderita diabetes semakin mengalami kenaikan gula darah.

Itulah beberapa cara menurunkan gula darah yang dipaparkan di atas merupakan langkah alami untuk menyembuhkan diabetes. Dengan langkah yang rutin, penderita diabetes bisa efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version