8 Jenis Makanan Sehat Ibu Hamil yang Baik Untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat Ibu Hamil

(Gambar : medicalnewstoday.com)

Tubuh akan membutuhkan tambahan nutrisi, vitamin, dan mineral ketika sedang hamil. Tambahan nutrisi tersebut sangat penting karena dapat mempengaruhi pertumbuhan si janin. Seorang ibu yang sedang hamil harus selektif dalam memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi. Karena dengan memilih makanan yang tepat dapat meminimalisir resiko komplikasi yang berbahaya bagi ibu dan si calon bayi. Lalu apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil ? Berikut 8 jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda konsumsi :

1. Oatmeal

Seperti yang kita tahu jika oatmeal baik dikonsumsi karena menyehatkan tubuh. Bagi ibu hamil, asupan karbohidrat sangat penting untuk memberikan energi instan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat, selenium, vitamin B, fosfor, dan kalsium yang baik untuk tubuh. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan sangat baik selama fase kehamilan.

2. Produk yang mengandung susu

Ketika sedang hamil, calon ibu pasti memerlukan tambahan protein dan kalsium untuk menunjang perkembangan janin. Berdasarkan lansiran dari Kompas Health (13/07), dalam produk yang mengandung susu terdapat dua jenis protein yaitu kasein dan whey. Susu merupakan sumber kalsium terbaik karena memiliki kandungan fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng.

3. Sayuran hijau

Semua jenis sayuran memang baik untuk kesehatan, tetapi ada beberapa sayuran yang harus banyak dikonsumsi oleh ibu hamil, contohnya adalah sayuran hijau. Kandungan yang terdapat dalam sayuran hijau adalah serat, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Tidak hanya itu, dalam sayuran hijau juga terdapat antioksidan yang tinggi dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan calon ibu.

4. Ikan Salmon

Semua ikan memang baik untuk dikonsumsi, tetapi ikan yang paling baik dikonsumsi ketika sedang hamil adalah ikan salmon. Dalam kandungan ikan salmon terdapat asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Selain itu, dengan mencukupi kandungan protein omega 3 sangat baik untuk membantu perkembangan otak dan mata pada janin. Lalu, salmon juga dapat menjadi sumber vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.

5. Legum

Legum merupakan kelompok makanan yang terdiri dari lentil, kacang kedelai, kacang polong, kacang tanah, dan buncis. Kelompok makanan ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki serat nabati, protein, folat, kalsium, dan zat besi. Jika selama dalam janin kebutuhan folat terpenuhi maka dapat dipastikan jika bayi Anda akan dilahirkan dalam keadaan sehat dan terlindung dari berbagai penyakit dan infeksi.

6. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mengandung beta-karoten yang baik untuk tubuh. Kandungan beta-karoten tersebut akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan sangat penting dalam pertumbuhan sel dan jaringan. Lalu, vitamin A juga meningkatkan imunitas dan memperbaiki penglihatan. Dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar selama masa kehamilan akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan bayi dan ibu.

7. Telur

Telur dapat menjadi sumber vitamin, protein, dan mineral dalam makanan. Protein yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk bayi yang sedang tumbuh karena dapat menghasilkan dan memperbaiki sel-sel pada janin. Dalam telur juga memiliki jumlah kolin yang tinggi dan sangat penting untuk perkembangan otak serta sistem saraf pada janin.

8. Alpukat

Tidak banyak yang tahu jika alpukat dapat menjadi rekomendasi makanan bagi ibu hamil. Pada alpukat terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Kandungan lemak sehat ini yang membantu proses perkembangan kulit, otak, dan jaringan janin. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat, vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C.

Exit mobile version