Bahaya Masker Untuk Anak di Bawah 2 Tahun

Bahaya Masker Untuk Anak

Menjaga Kesehatan bayi di bawah 2  tahun adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang tua. Pada momen tersebut bayi cenderung rawan kesehatannya karena secara fisik dan mental belum bisa menjaga kesehatannya. Apalagi di tambah pas era pandemi saat ini di mana kita menghadapi penyakit yang belum diketahui secara sempurna karakteristiknya dan vaksinnya belum dapat ditemukan.

Saat ini ada banyak sekali anjuran yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah  untuk menjaga Kesehatan kita pas era pandemi ini. Salah satu yang paling terkenal dan paling terpenting adalah memakai masker. Ini adalah Langkah utama dan paling sederhana yang perlu dilakukan oleh semua orang. Namun, ternyata ada bahaya masker buat anak di bawah 2 tahun.

Berdasarkan lansiran dari kompas sangat tidak disarankan untuk memakaikan masker kepada bayi. Hal ini dikarenakan penggunaan masker dapat mengganggu pernafasan milik bayi. Rongga hidung yang kecil bisa terganggu dengan adanya masker yang nantinya bisa mengakibatkan bayi kekurangan oksigen. Bayi gak bisa memberi tahu orang di sekitar mereka untuk membuka masker mereka

Untuk melindungi bayi kita dari covid-19 menurut Nationwide Children kita perlu melakukan beberapa hal diantaranya:

  1. Kurangi kontak di luar rumah dan kontak dengan orang lain.
  2.  Jika sangat dibutuhkan keluar rumah maka tutupi kereta dorong bayi ( bukan bayinya), ini bisa membantu melindungi bayi tetapi tidak menghalangi pernafasan mereka. Jangan sampai tinggalkan selimut bayi di mobil.
  3. Bawa hand sanitizer atau sabun cuci yang bisa dipakai setiap saat. Usahakan kandungan sabun anda memiliki minimal 60 persen alkohol.
  4. Bersihkan benda-benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, saklar lampu, dan barang-barang lainnya.
  5. Ajari anak-anak yang lebih tua untuk jangan menyentuh wajah mereka terlalu sering.
  6.  Jika bawa bayi ke luar buat jarak sekitar 2 meter ketika berbicara dengan orang lain.
  7. Cuci tangan setelah keluar dari rumah .
  8. Hindari zona rawan.
  9. Bersihkan mainan-mainan bayi secara rutin.

Selain itu siapkan makanan-makanan yang mengandung gizi yang baik buat anak seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan kandungan mineral. Jangan lupa beri bayi asi. Dalam era ini ada beberapa tips untuk menyusui anak:

  1. Jangan lupa mencuci tangan ketika mau menyentuh anak anda
  2. Gunakan masker ketika ingin menyusui anak anda
  3. Ketika ingin memompa asi kita harus mencuci tangan dahulu sebelum memakainya dan juga setelah memakainya. Cuci dengan sabun cuci pada bagian yang bisa dicuci dan disinfektan pada bagian yang tidak bisa dicuci

Selain peraturan di atas cek kesehatan bayi secara rutin . Menurut halodoc gejala-gejala covid 19 pada bayi adalah seperti kesulitan bernafas,  batuk terus menerus dibarengi dengan nafas pendek, mengalami penurunan jumlah urine dan susah makan, sering menangis dan sulit ditenangkan, mengalami demam tinggi yang tidak bisa diturunkan dan sulit tidur karena nyeri di seluruh tubuh Jika anak anda menunjukkan gejala-gejala tersebut  maka anda dianjurkan pergi ke dokter.

Selain di atas anda juga perlu menjaga Kesehatan anda sendiri. Lakukan hal yang sudah dianjurkan seperti memakai masker, cuci tangan secara teratur dan jaga  waktu tidur dan pola makan. Pastikan kalian menjaga pandemi demi kalian dan anggota keluarga kalian.

Exit mobile version