Cara Mengobati Batu Ginjal Secara alami

Foto : physiomobile.my

Sebelumnya perlu diketahui belum ada obat alami untuk batu ginjal yang ampuh, namun ada beberapa bahan alami yang dapat membantu anda untuk mengurangi ukuran batu ginjal. Batu ginjal terlihat terdapat dimana saja bahkan di sistem saluran kemih dan kandung kemih. Selain itu ada juga di ureter, uretra (saluran kemih) dan di dalam ginjal.

Batu Ginjal ini terbuat dari endapan Kristal dan mineral yang memiliki tekstur padat. Batu ginjal ini terbuat dari Kristal atau dikenal sebagai kondisi penyakit yang paling menyakitkan. Ada juga berbagai cara mengobati batu ginjal secara alami, salah satunya dianjurkan untuk meningkatkan mengkonsumsi cairan. Berikut ini bahan alami yang dapat dicoba :

1. Seledri

Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam bentuk Jus seledri. Jus seledri dipercaya dapat membasmi racun yang berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Efek seledri seolah olah dapat membasuh ginjal sehingga menghalau kemunculan batu ginjal.

2. Rumput gandum

Memiliki sifat diuretik sehingga dapat membuat batu ginjal lebih mudah mengalir bersama urine. Selain itu, obat alami ini mengandung nutrisi untuk membersihkan ginjal sehingga mampu mengobati batu ginjal secara alami.

3. Jus Buah delima

Buah delima ini mengandung antioksidan yang dipercaya dapat mencegah perkembangan batu ginjal dan membantu menjaga ginjal agar tetap sehat. Buah delima mampu menurunkan tingkat keasaman urine sehingga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal. Obat alami satu ini juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat batu ginjal dengan cara melemaskan otot saluran kemih yang menegang.

4. Cuka sari apel

Bahan alami ini mengandung asam asetat yang dapat melarutkan batu ginjal. Selain itu, cuka sari apel yang membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal sendiri.

5. Perasaan Lemon

Selain air cuka sari apel, buah lemon juga mengandung sitrat yang dapat mencegah terbentuknya batu ginjal jenis kalsium. Perasan Lemon ini dapat memecah batu ginjal menjadi berukuran kecil sehingga dapat lancar mengalir keluar melalui urine dengan mudah.

Dilansir dari alodokter (29/9), ada beberapa cara lain mengobati batu ginjal secara alami yaitu dengan menghindari makanan sesuai jenis batu ginjal. Menghindari dan menjauhi jenis makanan dan minuman sesuai dengan jenis batu ginjal yang dialami, jenis batu ginjal berbeda-beda tergantung dari penyebab terjadinya dan bahan pembentuknya. Ada beberapa jenis batu ginjal yang ada.

Jenisnya ada kalsium yaitu terbentuk dari kalsium oksalat karena sering mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat seperti cokelat,keripik kentang,kacang,bayam dan buah bit serta hindari mengkonsumsi suplemen kalsium yang berlebihan. Kemudian batu ginjal dapat terbentuk karena asam urat, orang yang menderita asam urat dan yang menjalani kemoterapi dapat terkena batu ginjal jenis asam urat. Orang yang memiliki penyakit asma  urat harus menghindari makanan yang mengandung tinggi purin.

Contohnya makanan yang mengandung purin yaitu kerang,daging,ikan ,bayam dan kopi. Selain itu, ada juga struvit yang biasanya dialami wanita yang mengalami infeksi saluran kemih dan mengakibatkan batu ginjal. Batu ginjal ini membesar dan menyebabkan sumbatan saluran kemih ini muncul karena infeksi ginjal.

Cara mengobatinya adalah tentunya dengan menyembuhkan infeksi yang ada sebelumnya. Terakhir, jenis penyebab batu ginjal dari pembentukannya adalah karena Sistin yaitu salah satu jenis asam amino didalam tubuh. Jenis batu ginjal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami penyakit genetic sistinuria.

 

Exit mobile version