Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Foto : mediadesa.id

Banyak sekali cara menurunkan kolesterol, bisa dengan mengubah gaya hidup dan pola makan tentu sangat ampuh untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol dengan baik. Kolesterol tinggi dapat terjadi jika saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal. Kadar kolesterol dalam darah normal sebesar (>200 mg/dL).

Kolesterol Tinggi bisa juga meningkatkan beberapa resiko penyakit lainnya yang lebih berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu kita perlu mencari tahu cara  menurunkan kolesterol dengan tepat agar dapat terhindar dari berbagai kolesterol tinggi. Berikut ini adalah cara menurunkan kolesterol secara alami :

Biasanya untuk menurunkan Kolesterol selain mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter, anda juga bisa mencoba dengan cara alami. Tentu cara alami ini memiliki efek samping yang sedikit bahkan hampir tidak ada efek samping karena menggunakan bahan bahan dari alam. Pertama, Memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Tentu hal ini sangat bisa menurunkan kadar kolesterol karena dalam kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar Low density lipoprotein atau Kolesterol Jahat. Disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya. Kedua, Mengonsumsi Makanan yang kaya akan kandungan Omega- 3

Makanan yang kaya dengan Omega 3 ini dapat dipercaya membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 cukup beragam diantaranya ikan salmon, makarel ,tuna,sarden , kacang kenari dan biji chia bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Ketiga, jauhi makanan dengan kandungan lemak tinggi. Kolesterol tinggi berasal dari kandungan lemak yang sangat tinggi. Pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah, misalkan ikan,ayam , daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan , tempe dan tahu. Makanan yang berlemak tinggi seperti goreng-gorengan. Lemak yang tinggi hanya akan memperparah kadar kolesterol dalam darah.

Keempat mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, tidak banyak yang tahu bahwa serat larut dapat menurunkan kolesterol. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut seperti alpukat,ubi jalar,brokoli,lobak,pir,wortel , apel ,kacang merah ,biji rami dan gandum. Jika ingin praktis bisa juga mengkonsumsi produk suplemen dan makanan yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin.

Kandungan beta glucan yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh serta inulin yang bermanfaat menurunkan secara langsung kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah. Selain, kandungan beta glucan dan trigliserida akan lebih baik lagi jika memilih produk minuman yang mengandung vitamin B1 dan B2 juga karena dapat membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energy.

Dilansir dari alodokter (26/9), selain kita bisa menurunkan kolesterol secara alami kita juga bisa mencegah kolesterol tinggi. Dengan cara menerapkan pola hidup sehat, memang susah menerapkannya namun dengan niat dan kedisiplinan dalam menjalaninya. Selain rutin berolahraga, pola hidup sehat juga mencakup pola makan yang sehat. Dengan begitu tentunya kadar Kolesterol dalam darah terkontrol dengan baik, batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh.

Contoh makanan lemak jenuh seperti daging berlemak,daging asap,sosis, es krim, makanan bersantan, biskuit dan kue kering. Banyak sekali sebenarnya pantangan untuk orang yang mempunyai penyakit kolesterol. Makanan yang banyak mengandung gula juga perlu dibatasi. Makanan yang banyak mengandung gula dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tips terakhir periksakan kadar kolesterol secara rutin sesuai anjuran dokter.

Exit mobile version