Ketahui 7 Manfaat Telur untuk Kesehatan dan Gizinya

Manfaat Telur untuk Kesehatan

(Gambar : Pixabay)

Makanan yang bisa disantap sendiri atau dicampur dengan bahan lain ini kaya dengan protein. Telur bisa di rebus, ceplok, dadar, ada berbagai cara menikmatinya. Tahukah Anda apa saja manfaat telur untuk kesehatan? Kenali kandungan gizi dari tiap sebutir telur yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

Beragam Manfaat Telur untuk Kesehatan

Umumnya telur dikenal sebagai sumber protein saja. Namun tahukan Anda bahwa masih banyak kandungan gizi di dalamnya? Apa sajakah manfaat telur untuk kesehatan? Dilansir dari alodokter (17/8) berikut beberapa kandungan gizi di dalamnya.

1. Rendah Kalori

Pernah mendengar kalau telur sangat cocok untuk diet? Hal itu benar sekali. Telur berukuran sedang dengan berat 6 gram hanya terdiri dari 80 kalori. Oleh karena itu menyantap telur selagi dalam program diet sangat dianjurkan. Tubuh mendapatkan asupan protein sebagai tenaga. Namun dalam jumlah kecil sehingga mudah terbakar dengan kegiatan sehari-hari yang ringan atau olahraga kecil.

2. Memperkuat Tulang

Telur kaya dengan nutrisi. Salah satunya adalah vitamin D yang ada pada kuning telur. Seperti yang diketahui secara umum Vitamin D dapat memperkuat tulang dan juga gigi. Rasakan manfaat telur untuk kesehatan tulang dan gigi Anda dengan mengkonsumsinya secara teratur. Telur memudahkan penyerapan kalsium dan memastikan tulang maupun gigi kokoh dan kuat.

3. Menyehatkan jantung

Kandungan Omega 3 pada telur memiliki efek menyehatkan jantung. Bahkan ada telur yang khusus memiliki kandungan omega 3 yang banyak dijual dipasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Jumlah nutrisi di dalam telur dinilai cukup untuk memenuhi asupan lutein yang dapat menurunkan resiko serangan jantung. Untuk penderita jantung dietnya termasuk mengkonsumsi telur sebutir sekali dalam seminggu. Orang biasa bisa sampai 4 butir seminggu.

4. Menjaga Metabolisme Tubuh

Ada zat-zat tertentu yang mampu dihasilkan oleh tubuh, dan banyak zat lainnya yang tidak. Riboflavin atau Vitamin B2 adalah contoh nutrisi yang tidak dapat dihasilkan tubuh. Rasakan manfaat telur pada kesehatan yang memiliki kegunaan beragam. Riboflavin dapat menjaga metabolisme dalam tubuh. Mulai dari membantu perkembangan sel darah merah, menjadi antioksidan, sampai menutrisi  sistem saraf.

5. Kekebalan Tubuh

Bukan hanya Riboflavin yang dapat menjadi antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Terdapat pula vitamin E terutama pada kuning telur. Keduanya berperan aktif menjaga kekebalan tubuh.  Hubungannya erat dengan pencegahan kanker, pengurangan gangguan mata serta bermanfaat mencegah serangan penyakit.

6.  Energi yang dibutuhkan Tubuh

Asupan makanan perlu seimbang, ada yang menghindari protein karena takut dengan kandungan kolesterolnya yang dapat menggemukkan dan menyebabkan berbagai penyakit. Namun ukuran telur yang kecil memastikan jumlah kolesterolnya hanya cukup untuk memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Hindari mudah lelah, tidak bertenaga atau lemas dikarenakan kurang protein.

7. Nutrisi Kulit

Vitamin A memberikan manfaat telur bagi kesehatan. Selain menutrisi mata, Vitamin A juga berkontribusi untuk kesehatan kulit. Anda akan terhindar dari kulit kering atau pecah-pecah. Kandungan Vitamin A juga mampu mencegah rambut rontok, berbagai masalah kulit dan mata.

Mengkonsumsi telur dalam jumlah aman memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ulasan di atas adalah beberapa kandungan gizi yang dapat ditemukan dalam sebutir telur. Dengan demikian Anda jadi tahu berbagai manfaat telur untuk Kesehatan. Perhatikan berapa jumlah telur yang dikonsumsi karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Jaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi telur dengan takaran yang ideal dan rasakan manfaatnya.

Exit mobile version