Pentingnya Makanan Yang Mengandung Sumber Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

Sumber Vitamin A

(Gambar : honestdocs.id)

Sumber Vitamin A sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Sumber Vitamin A ini  terbagi lagi menjadi dua bentuk yaitu Retinol yang biasanya ditemukan pada makanan Hewani dan Betakaroten yang ditemukan di makanan nabati. Wah, lalu dimana kita bisa menemukan sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan Tubuh ?

Sumber vitamin A yang ada di dalam makanan hewani seperti  telur rebus,keju,hati ayam, minyak hati ikan kod dan ikan makarel atau salmon. Selain itu, retinol atau Vitamin A1 ini juga dapat ditemukan di hati sapi. Dikutip dari alodokter.com bahwa setiap 1 porsi hati sapi atau sekitar 70 gram mengandung 6000 mcg retinol, yang setara dengan 7 kali kebutuhan Sumber Vitamin A kita setiap harinya.

Nah, selain retinol atau vitamin A1 ada juga beta karoten yaitu zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi Sumber vitamin A didalam tubuh. Beta karoten ini lebih ke makanan nabati seperti bayam,paprika merah, wortel,sawi, labu dan ubi jalar,kangkung,brokoli,kale,mangga, blewah,apricot,jambu,pepaya, dan semangka. Semua makanan yang mengandung betakaroten ini bagus untuk kesehatan mata.

Setelah kita mengetahui makanan mana saja yang banyak  mengandung sumber vitamin  A, sekarang kita bahas manfaatnya jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak sumber vitamin A. Pertama, tentunya yang sudah banyak orang tau adalah menyembuhkan penyakit mata. Dikutip dari jurnal cancer causes & Control. Makanan yang memiliki sumber Vitamin A yang banyak sangat dipercaya untuk bisa membantu mengatasi glaukoma. Dalam sebuah penelitian juga vitamin ini baik untuk mencegah tekanan oksidatif yang bisa menyebabkan perkembangan glaukoma.

Sedangkan, Karoten seperti lutein dan zeaxanthin didalamnya juga ampuh untuk melawan katarak. Jadi memang makanan sumber vitamin A ini sangat bagus untuk kesehatan mata kita. Kedua, Keistimewaan vitamin A ini jarang diketahui orang. Makanan sumber Vitamin A juga dapat mencegah kanker payudara dan membantu pemulihan infeksi Miss V bagi wanita. Sedangkan untuk laki-laki dapat meningkatkan jumlah sperma. Jumlah kebutuhan vitamin A bagi orang dewasa yaitu 0,6 mg sehari untuk wanita dan 0,7 mg sehari untuk laki-laki.

Ketiga, Makanan yang mengandung sumber Vitamin A sangat bagus untuk sistem imun.  Vitamin A dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, beberapa penelitian mengatakan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan anak mengalami diare, masalah kulit dan penyakit infeksi lainnya. Jadi mengkonsumsi sumber makanan vitamin A sangat bagus untuk kesehatan tubuh apalagi untuk pertumbuhan anak agar tidak mudah sakit.

Yang terakhir, manfaat mengonsumsi makanan sumber vitamin A bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui adalah dapat mencegah kanker. Dikutip dari laporan Cancer Causes & Control mengatakan bahwa vitamin A baik untuk mencegah kanker payudara. Tidak hanya itu saja vitamin A juga baik untuk mengurangi resiko terserang kanker paru-paru dan usus. Dari keempat manfaat makanan sumber vitamin A yang sudah dilansir dari halodoc.com masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi sumber vitamin A lainnya.

Tidak hanya mempunyai banyak manfaat, Jika tubuh Kelebihan sumber vitamin A juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan tulang yang lebih rapuh bagi orang lanjut usia dan resiko gangguan kesehatan bagi janin pada ibu hamil. Untuk itu dalam mengonsumsi vitamin jangan terlalu berlebihan dan tetap sesuai dengan porsinya. Tetap mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur-sayuran dan buah. Bahkan bila perlu, mengonsumsi suplemen vitamin dan jika mengonsumsi suplemen vitamin A jangan lupa berkonsultasi ke dokter agar tidak menimbulkan resiko berlebihan.

Exit mobile version