Selain Baik Bagi Kesehatan, Ini 7 Manfaat Pisang Untuk Kecantikan

Manfaat Pisang Untuk Kecantikan

Foto : berkeluarga.id

Banyak orang mengenal pisang sebagai buah yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Nyatanya, pisang juga memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk kecantikan. Alasan ini yang membuat banyaknya produk kecantikan menggunakan pisang sebagai komposisinya.

Apa saja sih kandungan pisang sehingga bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan? Penjelasan lengkapnya akan diulas di bawah ini.

Kandungan Pisang

Pisang mengandung kalium yang baik untuk menstabilkan tekanan darah, sumber karbohidrat dan vitamin A, B6, serta C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan protein dan kaya serat sehingga baik untuk pencernaan.

Kandungan pisang tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga baik untuk kecantikan. Berikut ini manfaat pisang untuk kecantikan dan aman bagi kulit.

Manfaat Pisang untuk Kecantikan

1. Baik untuk mencegah kerutan dan penuaan dini

Pisang dapat membantu kulit menjadi lebih kencang berkat kandungan vitamin A dan E di dalamnya, sehingga mengurangi kerutan halus di wajah. Kandungan pisang juga dapat membantu meregenerasi kulit akibat paparan radikal bebas.

2. Mengatasi kulit berjerawat

Kulit yang meradang akibat jerawat dapat diatasi dengan pisang menggunakan kandungan lutein dan karotenoid yang ada di dalamnya. Masker pisang terbukti dapat mengempeskan jerawat jika diaplikasikan secara rutin dan optimal.

3. Mengangkat sel kulit mati pada wajah

Bekas jerawat dan noda-noda hitam dapat dihilangkan dengan pisang. Kandungan vitamin A dan C dalam pisang mampu menghilangkan bekas jerawat dengan mudah. Sel-sel kulit mati ini bisa diatasi dengan cepat melalui penggunaan pisang pada kulit wajah secara maksimal. 

4. Mencerahkan kulit wajah

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, pisang bermanfaat untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Kandungan inilah yang membuat pisang banyak dimanfaatkan sebagai bahan masker alami yang aman untuk kulit.

5. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet cukup meresahkan para wanita. Akibat paparan sinar ultraviolet, dapat menyebabkan risiko kanker kulit. Pisang berperan untuk mengatasi kerusakan sel-sel kulit dengan kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya.

6. Mengatasi minyak berlebih pada wajah

Minyak yang berlebihan dalam kulit dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pisang dapat mengurangi keadaan berminyak pada wajah menjadi lembab dan segar.

Kalium dalam pisang menjadi faktor pelembab alami yang mencegah kulit dari kekeringan dan mampu mengurangi minyak pada wajah.

7. Menghilangkan mata panda

Lingkaran hitam di bawah mata seringkali meresahkan. Cara mengatasi lingkaran hitam di bawah mata dapat memanfaatkan pisang dengan mengaplikasikan pisang di bawah mata sebagai masker alami.

Cara Membuat Masker Pisang

Cara sederhana mengaplikasikan pisang sebagai masker adalah dengan menghaluskannya, kemudian meratakannya pada kulit wajah. Masker didiamkan sekitar 10 – 15 menit, kemudian dibasuh.

Dilansir dari  Woman Talk (24/12), Untuk mendapatkan efek yang lebih mengena, campurkan pisang dengan bahan-bahan lainnya sebelum dijadikan masker. Bagi kulit kering maupun berminyak, campurkan pisang dengan madu. Untuk mencerahkan dan mengobati bekas luka, gunakan perasan lemon.

Pisang juga dapat dicampur dengan alpukat dan yoghurt untuk melembabkan kulit lebih optimal. Selain itu, memanfaatkan kunyit bubuk sebagai bahan campuran pisang dapat mengurangi bintik hitam pada wajah dan mencerahkan kulit.

Gunakan masker pisang yang alami ini dapat digunakan secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal. Namun, bagi kulit yang mengalami peradangan yang parah dianjurkan untuk bertanya kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah akan ada efek samping atau tidak jika menggunakan masker pisang ini.

Exit mobile version